Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Terintegrasi LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Di SMA N 1 Ambalawi

  • Ainun Ainun Pendidikan_Fisika_STKIP_Bima
  • Yus'iran Yus'iran
  • Rosmiati Rosmiati
Keywords: Media Pembelajaran Multimedia Terintegrasi LKS, dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA N 1 Ambalawi. Metode penelitian kuantitatif. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbasis multimedia interaktif terintegrasi dengan LKS pokok bahasan Hukum Newton tentang gerak. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar Fisika sebelum diajar dengan menggunakan media pembelajaran (pretest) pada materi Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak didapatkan banyak yang tidak tuntas yaitu pada kelas X MIPA 4 dan X MIPA 1  terdapat 19 peserta didik dengan presentase  sedangkan hanya 6 peserta didik yang tuntas atau sebanyak 24 %, setelah diberikan treatment melalui penerapan media pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Terintegrasi dengan LKS hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada kelas X MIPA 1 ada 20 peserta didik yang tuntas atau sebanyak  80 %, sedangkan yang tidak tuntas 5 peserta didik atau sebanyak 20%, untuk kelas X MIPA 4 ada 18 peserta didik atau 72% kategori tuntas dan 7 peserta didik yang tidak tuntas atau sebanyak  28%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran fisika berbasis multimedia yang terintegrasi dengan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Peemerintah.2005. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Arikarani Yesi & Amirudin, M.F. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam MengatasiMasalah Pembelajaran dimasa Pandemi. Jurnal: Edification Vol. 4, No. 1. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296

Munandi (2013). Media Pembelajaran Fisika Berbasis multimedia Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Huku Newton Tentang Gerak. Hal F-81 – F-83. Proseding Seminar Nasional Universitas Negri Yogyakartar

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesin

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Rohmani, Sunarno W., Sukarmin (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma. JURNAL INKUIRI, Vol 4, No. I, (hal 152-162)

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Jakarta. Penerbit: Anugrah Utama Raharja

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Impelemnatasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.310

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published
2022-11-24
How to Cite
Ainun, A., Yus’iran, Y., & Rosmiati, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Terintegrasi LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Di SMA N 1 Ambalawi. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 5(2), 17 - 21. https://doi.org/10.33627/ge.v5i2.856