Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Terintegrasi LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Di SMA N 1 Ambalawi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA N 1 Ambalawi. Metode penelitian kuantitatif. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbasis multimedia interaktif terintegrasi dengan LKS pokok bahasan Hukum Newton tentang gerak. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar Fisika sebelum diajar dengan menggunakan media pembelajaran (pretest) pada materi Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak didapatkan banyak yang tidak tuntas yaitu pada kelas X MIPA 4 dan X MIPA 1 terdapat 19 peserta didik dengan presentase sedangkan hanya 6 peserta didik yang tuntas atau sebanyak 24 %, setelah diberikan treatment melalui penerapan media pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Terintegrasi dengan LKS hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada kelas X MIPA 1 ada 20 peserta didik yang tuntas atau sebanyak 80 %, sedangkan yang tidak tuntas 5 peserta didik atau sebanyak 20%, untuk kelas X MIPA 4 ada 18 peserta didik atau 72% kategori tuntas dan 7 peserta didik yang tidak tuntas atau sebanyak 28%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran fisika berbasis multimedia yang terintegrasi dengan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Peraturan Peemerintah.2005. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Arikarani Yesi & Amirudin, M.F. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam MengatasiMasalah Pembelajaran dimasa Pandemi. Jurnal: Edification Vol. 4, No. 1. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296
Munandi (2013). Media Pembelajaran Fisika Berbasis multimedia Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Huku Newton Tentang Gerak. Hal F-81 – F-83. Proseding Seminar Nasional Universitas Negri Yogyakartar
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesin
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Rohmani, Sunarno W., Sukarmin (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma. JURNAL INKUIRI, Vol 4, No. I, (hal 152-162)
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Jakarta. Penerbit: Anugrah Utama Raharja
Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Impelemnatasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.310
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta