PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN MANDE KOTA BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Kelurahan Mande Kota Bima. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan empirik yang dilakukan selama 2 bulan. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dengan dua indikator yaitu kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment, teknik analisis koresional ini dimaksudkan untuk menjelaskan pengaruh variabel kualitas pelayanan (X), terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y). Hasil anaisis menunjukan bahwa ada Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Mande Kota Bima, hal ini ditunjukan oleh hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu nilai rxy 0,44 sedangkan nilai rtabel 0,334. Dengan demikian Ha (Hipotesis Alternatif) yang berbunyi Ada Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Mande Kota Bima, yang ditunjukan oleh nilai rxy 0,44 > nilai rtabel 0,334, artinya semakin baik Kualitas Pelayanan maka Masyarakat akan semakin Puas dengan Pelayanan Publik di Kelurahan Mande Kota Bima, sebaliknya bila Kualitas Pelayanan rendah maka Kepuasan Masyarakat akan pelayanan Publik pada Kelurahan Mande menjadi kurang puas.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Diterbitkan Oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jln. Piere Tendean Kel. Mande Kota Bima. Kode POS 84119Tlpn. (0374) 43195/42801