PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • erni suryani stkipbima.ac.id
Keywords: Strategi Peer Lesson, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh strategi Pembelajaran Peer Lesson terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah semua kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima. Yang terdiri atas dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling yaitu memilih 29 orang dari masing-masing kelas dengan melihat nilai awal siswa kemudian menjadikan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Peer Lesson sebesar 69,31 sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak diajar menggunakan strategi pembelajaran Peer Lesson sebesar 52,06.

Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,758 > ttabel =2,003. Karena nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran Peer Lesson dengan siswa yang tidak diajar dengan strategi pembelajaran Peer Lesson pada kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-06