Perilaku Konsumsi Pada Remaja Pengguna Social Commerce Tiktok Di Kelurahan Pipitan
Abstract
TikTok sebagai platform media sosial yang menggabungkan elemen hiburan dan perdagangan telah menarik perhatian banyak remaja di Kelurahan Pipitan. Pola konsumsi para remaja pengguna social commerce TikTok ini dibentuk menggunakan metode promosi dengan menggunakan video pendek berupa endors sebuah produk maupun fitur siaran langsung. Fenomena ini menunjukkan pola konsumsi yang unik dan memerlukan pemahaman mendalam terkait perilaku konsumsi remaja di platform ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku konsumsi pada remaja di Kelurahan Pipitan pengguna social commerce TikTok melalui analisis teori masyarakat konsumsi Jean Baudrillard. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dikumentasi. Fokus pada penelitian ini yaitu para remaja di Kelurahan Pipitan pengguna social commerce TikTok sebagai media belanja online. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber primer dan sumber sekunder. Hasil penelian ini menunjukkan 1) Bagaimana social commerce TikTok sebagai media belanja online. 2) Tahapan tindakan konsumsi para remaja yang terbagi menjadi empat tahap yaitu tahap impuls, persepsi, manipulasi dan tahap konsumsi. 3) Perilaku konsumsi remaja di Kelurahan Pipitan yang melakukan kegiatan konsumsi berdasarkan kebutuhan dan keinginan.
References
Ardinov, A. Z. (2023). Video Influencer Sebagai Preferensi Konsumsi Kecantikan Pada Generasi Z Di Social Commerce Tiktok. (Bachelor's thesis, Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Armavillia, K., E. (2023). Negara Dengan Pengguna TikTok Terbanyak 2023, Indonesia Peringkat 2.
Aushofi, A. N. (2019). Makna Tayangan Iklan Situs Belanja Online Bagi Masyarakat Urban Muda di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Azmi, dkk. (2022). Hiperrealitas Belanja Online Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 6(2), 133-149.
Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147-166.
Fadhillah, N. R., & Ediyono, S. (2023). Perilaku Konsumtif Oleh Masyarakat Konsumsi Dalam Perspektif Teori Jean Baudrillard [Studi Kasus: Tiktok Shop]. Marketgram Journal, 1(1), 39-43.
Haliza, S. N., & Habib, M. A. F. (2022). Analisis Perilaku Konsumerisme Masyarakat Pada Diskon Belanja Online Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 8(2), 85-101.
Harahap, T. R., Sitio, R., & Mazidah, H. (2022). The Influence of Ease of Use, Social Media, Price, and Consumer Trust on Purchase Intentions Using the TikTok Shop by Labuhanbatu Students. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(6), 886-894.
Khoiriyah, A.,A. (2022). Paradox Online Shop: Antara Kemudahan atau Konsumerisme. MetroNTB. Diakses melalui
Kirkwood, M. (2019). Hyperreality and the Consumption of the Subject as Object in Black Mirror. Inquiries Journal, 11(10).
Mutmainah, A. N., Wirawanda, Y., & Kom, S. I. (2023). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswi di Surakarta Pengguna E-Commerce. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pertiwi, S. (2022). Konsumsi Media Sosial Tik Tok pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya. Jurnal Empirika, 6(2), 122.
Purnamasari, M. (2022). Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Persepsinya. Diakses pada 15 April 2024. Melalui https://binus.ac.id/malang/ebc/mempengaruhi-keputusan-pembelian-konsumen-melalui-persepsinya.
Purnamasari, W. (2021). Perilaku Konsumsi melalui Belanja Online dan Konvensional Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Malang. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, No. 6, pp. 717-722).
Putri, A. K. (2020, December). Sign, Simulation, and Consumption on E-Hailing Application Brand. In 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020) (pp. 554-558). Atlantis Press.
Rahmawati, R. A. (2014). Backpacking Ala Mahasiswa. Jurnal Online Sosiologi Fisip Unair, 3(1), 1-19.
Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shofianti. (2021). Dampak E-Commerce Terhadap Perubahan Kebiasaan Belanja Masyarakat Di Indonesia (Studi Kasus: Pembeli Online Di Platform E-Commerce Shopee). (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Sukidin, & Pudjo Suharso. (2015). Pemikiean Sosiologi Kontemporer. Jember: UPT Penerbitan UNEJ.
Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).
Ulfa, Nurist Surayya. (2008). Mall Sebagai Arena Pembelajaran Kode-KOde Sosial Masyarakat Konsumen Jakarta (Studi Budaya Nge-Mall dalam Bingkai Pemikiran Jean Baudrillard). (Doctoral dissertation, UI (Universitas Indonesia)).
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Zuhdi, K. N., Aprilia, N. F., Dionchi, P. H. P., & Yuniar, A. D. (2021). Praktik Masyarakat Konsumsi Online Dalam Perspektif Baudrillard. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 681-687.