ARUS BUDAYA POP KOREA DALAM GAYA HIDUP MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FKIP UNTIRTA DALAM PERSPEKTIF ARJUN APPADURAI

  • Karla Ryanda Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rizki Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Arus Budaya Pop Korea, Gaya Hidup Mahasiswa

Abstract

Budaya pop Korea dan merupakan budaya yang mudah diikuti dan tumbuh di masyarakat Indonesia serta dapat mengubah gaya hidup seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana arus budaya Korea dalam gaya hidup mahasiswa. Penelitian ini berfokus pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FKIP UNTIRTA. Metodologi deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Wawancara dan berbagai publikasi artikel jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan proses reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, serta proses verifikasi Demam Korea mulai dihinggapi oleh sebagian remaja di negeri ini yang telah menciptakan fenomena baru di Indonesia dan sebagian remaja tersebut mempunyai ketertarikan mengenai Korea. Merebaknya gaya hidup Korea benar-benar telah merubah gaya hidup dan jadwal kegiatan remaja di Indonesia.

 

References

Apriliani, R., & Setiawan, R. (2019). Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa Penggemar Budaya Populer Korea. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(2), 107.

Hidayati, D. A., Sarah Dini Rizky Fitrian, & Siti Habibah. (2022). Realitas Sosial Remaja Penggemar Budaya Korea (K-POP) di Bandar Lampung. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 4(2), 212–232.

Kaparang, : Olivia M. (2022). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi (Studi pada siswa SMA Negeri 9, Manado). Acta Diurna, 2(1), 1–12.

Khoiriah, L. I. (2020). Kajian Tentang Tindakan Sosial Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Terhadap Korean Wave (Studi Kasus Drama Korea). Sosiatri-Sosiologi, 8(1), 161–173.

Lathifah, I. N., Herman, A., & Yusaputra, M. I. (2019). Pengaruh Mengakses Korean Wave terhadap Perilaku Imitasi Remaja di Kota Palu. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 111.

Lindawati, Y. I. (2019). Fashion dan Gaya Hidup: Representasi Citra Muslimah Cantik, Modis dan Fashionable dalam Iklan Wardah. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(2), 59.

Maryani, B. E., Rustiyarso, R., & Ismiyani, N. (2022). “Gaya Hidup Imitasi Penggemar Drama Korea Di Program Studi Pendidikan Sosiologi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5), 1–8.

Ni Made Febriana Sara Dwiyanti, Ida Bagus Gde Pujaastawa. (2022). Pengaruh Budaya Pop Korea terhadap Gaya Hidup Remaja di Kota Denpasar, Bali. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 162–170.

Rahayu, T., & Harjanto, M. (2020). The Popularity of Korean Culture among Indonesian College Students. Journal of Korean Culture, 42, 273-295.

Setyawan, A. (2020). Materi Dan Nilai Di Era Globalisasi: Perspektif Appadurai. AL-Mikraj : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(1), 1–7.

Sitanggang, L. F., Eddy Lion, & Offeny. (2021). Perspektif Mahasiswi Program Studi Ppkn Universitas Palangka Raya Tentang Budaya Populer Korea (K-POP) Terhadap Gaya Hidup.” Jurnal Paris Langkis, 1(2), 23–35.

Subhan Widiansyah, H. (2018). Dampak Perubahan Global terhadap Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Nasional (Kasus pada Masyarakat Bugis-Makasar). Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 4(1), 39–48.

Putri, K. A., & Purnomo, M. H. (2019). NUSA, Vol. 14 No. 1 Februari 2019 Karina Amaliantami Putri, Amirudin, Mulyo Hadi Purnomo, “Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z.” 14(1), 125–135.

Yunanto, H. (2020). The attractiveness of Korean popular culture in Indonesia: A study on the consumption of K-Pop. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 28-39.

Published
2023-06-30