Digital Marketing Jahe Situmleg Sebagai Upaya Peningkatan UMKM Berbasis Potensi Lokal Untuk Ketahanan Pangan Masyarakat Desa Kaungcaang

  • Muhamad Muslih Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ira Ardila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iis Munawaroh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Virginia Veronica Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Digital Marketing, Ketahanan Pangan, UMKM, Serbuk Jahe Situmleg, Kaungcaang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku UMKM dengan memaksimalkan potensi lokal masyarakat Desa Kaungcaang sebagai salah satu faktor pendukung kesejahteraan perekonomian dan untuk ketahanan pangan masyarakat Desa Kaungcaang. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk menganalisis peran digital marketing dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Masyarakat Desa Kaungcaang. Wawancara dilakukan kepada Masyarakat desa Kaungcaang, sample yang diambil yaitu pelaku usaha UMKM Serbuk Jahe Situmleg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha UMKM di Desa Kaungcaang masih kesulitan untuk melakukan digital marketing sehingga peneliti memberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Digital Marketing melalui aplikasi Shopee untuk pemasaran Jahe Situmleg agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Published
2023-12-12