Penggunaan Media Audio Visual Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Kramatwatu
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari pembangunan nasional. Oleh karena itu, pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia agar mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan zaman. Karena pentingnya bidang pendidikan tersebut maka komponen yang terkait dalam dunia pendidikan harus terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Guru merupakan komponen paling utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana hasil penelitian akan diuraikan melalui deskripsi kata. Penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode audio visual, suasana belajar menjadi lebih hidup dan interaktif. Siswa tampak lebih fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran karena metode ini memanfaatkan gambar dan video sebagai alat bantu. Mereka dapat melihat dengan jelas konsep-konsep yang disampaikan, sehingga memudahkan mereka untuk memahami materi yang diajarkan.Metode audio visual video dalam proses pembelajaran di kelas X SMAN 1 Kramatwatu membawa sejumlah manfaat yang signifikan.
References
Anggraeni, Lina. 2011. Pengenalan Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas : 3 (2) : 180-187.
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dimyati, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali & Pudji Muljono. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta. PT. Grasindo..pdf. (n.d.).
Ghofur, A., & Youhanita, E. (2020). Interactive Media Development to Improve Student Motivation. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 1.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
H Humairah, AOT Awaru. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Ips Di Madrasah Alyiah Buntu Barana Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.
Islamiah S A. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta. Vol.2, No.1, hal 276-285.
Sugihartono, dkk. (2007) Psikologi Pendidikan, Yogyakarta. UNY Press.pdf. (n.d.).
Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.Rineka Cipta.pdf. (n.d.).


.png)
.png)



