Pengaruh Prubahan Sosial Terhadap Perilaku Siswa Di SMA Negeri 2 Kota Bima

  • Sofiadin Sofiadin STKIP Bima
  • Irfan Irfan Universitas Nggusuwaru (UNSWA)
  • Nikman Azmin Universitas Nggusuwaru (UNSWA)
Keywords: Perubahan Sosial, Perilaku Siswa

Abstract

Perubahan sosial merupakan hal yang abadi dalam kehidupan masyarakat, kapan dan dimanapun pasti terjadi, namun perubahan sosial yang terjadi pada siswa dan siswa apakah memiliki pengaruh pada sikap siswa. Tentunya dengan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan statistik korelasi regresi. Sampel penelitian adalah siswa IPS di SMAN 2 Kota Bima. Pengumpulan data mengggunakan instrumen yang berbentuk angket, observasi dan dokumentasi, kemudian di analisis dengan rumus statistik analisis korelasi Product Moment menggunakan program Statistical Product and service Solucion (SPSS) Versi 16. Hasil data yang dianalisis maka dapat ditemukan bahwa Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Perilaku Siswa di SMAN 2 Kota Bima terdapat Ho sebesar 0,217 atau 21,7%, dapat diketahui df = 59 pada taraf signifikan 5% = 0,254 sedangkan pada taraf signifikan 1% = 0,3,30. dengan melihat ketentuan jika Hoo (obsrvasi) bila dibandingkan dengan r tabel yaitu ro < r tabel berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh perubahan sosial terhadap perilaku siswa di SMAN 2 Kota Bima. Hal ini berarti sebesar apapun perubahan sosial yang terjadi tidak mempengaruhi perilaku, dengan kata lain perilaku dipengaruhi oleh faktor lain. Konstribusi perubahan sosial terhadap perilaku adalah sebesar 0,217 atau 21,7% selebihnya 78,3% ditentukan oleh faktor lain

References

Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah, O. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran IPA TERP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 1-6.

Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).

Arifuddin, A. (2020). Problematika Perempuan Dalam Menghadapi Anak Pengguna Gadget Pada Masa Covid 19 (Studi pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sambinae Kecamatan Punda Kota Bima). Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 3(2), 22-29.

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. Satya Widya, 37(1), 54-61.

Komariah, N. S., Untari, D. T., & Bukhari, E. (2020). Teknologi Komunikasi dan Perubahan Sosial Remaja di Indonesia; Sebuah Kajian Literatur Tentang Penggunaan Sosial Media. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2).

Farhan, M., Nurbayan, S. T., & Nurhasanah, N. (2022). Fenomena Prostitusi Online Dengan Menggunakan Aplikasi Michat Di Desa Nisa Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(2), 20-30.

Irfan, I., & Azmin, N. (2022). Strategi Pendampingan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak di Kecamatan Sape. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(2), 8-11.

Irfan, I., Rahmasandi, R., Azhar, A., & Azmin, N. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak Di Kelurahan Nitu Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 1-7.

Published
2023-12-12