Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah An-Nas Melalui Metode Pembelajaran Membaca Keras Pada Siswa Kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima
Abstract
Dalam masyarakat muslim, mula-mula anak-anak telah diperkenalkan membaca surat-surat pendek sejak anak pra sekolah, namun ditengah kehidupan sekarang anak-anak lebih terfokus pada menonton vidio tiktok atau youtube, dan tidak tertarik menghafal ayat-ayat pendek, karena kefokusan pada vidio yang ditonton, siswa kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima ditanya, rata-rata bermain gadget di rumah. Kejujuran mereka menjadi kuat mengapa siswa belum bisa mengahafal surat An-Nas secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal surat An-Nas dengan metode pembelajaran membaca keras. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. obyek peneltian adalah siswa kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan berkolaborasi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa menghafal surah An- Nas secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 23 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas sebesar 66 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 75 % sampai rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas sebesar 95 %.
References
Arifuddin, Arifuddin. "Problematika Perempuan Dalam Menghadapi Anak Pengguna Gadget Pada Masa Covid 19 (Studi pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sambinae Kecamatan Punda Kota Bima)." Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi 3.2 (2020): 22-29.
Syatiri Ahmad, Pedoman Pengajaran Al-Qur’an bagi Anak-Anak (Jakarta: Ditjend. Bimas Islam 2013).
Martinis Yamin dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas (Jakarta.GP Press, 2011),
Zuhairini dan Ghofir, Metode Khusus Pendidikan Agama Islam (Jakarta : Rajawali Press, 2011).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan (Jakarta : Kencana 2010).
Ahmad, Lutfi. 2006. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Cet. 1. ( Depag : Jakarta, 2009).
Rochiati Wiriatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas (Bandung : Remaja Rosadakarya 2006).
Khadim, Al Haramain asy Syarifain, dkk. 2011. Alqur’an dan terjemahnya, Madinah : As Syarif. 2013
Kunandar. Langkah Mudah Penenlitian Tindakan Kelas, Jakarta : Rajawali Press.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana


.png)
.png)



