Analisis Pemahaman Mahasiswa MBKM Terhadap Mata Kuliah Statistik Pendidikan SD

  • Anwar Marasabesy Universitas Khairun
  • Rahmania Sadek Universitas Muhammadiyah
  • Dwi Widyastuti Nurharyanto Universitas Khairun
  • M. Irfan Hasanuddin Universitas Khairun
Keywords: Pemahaman Mahasiswa, MBKM, Statistik Pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana dilakukan pada mahasiswa PGSD semester V dan VII. Subyek penelitian ini berjumlah 30 orang mahasiswa yang mengikuti berbagai macam kegiatan MBKM. Menggunakan instrumen tes, wawancara dan juga menganalisis dokumen dari laporan MBKM mahasiswa, penelitian ini memberikan hasil bahwa pemahaman pada mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM masih berada pada kategori rendah. Berdasarkan analisis dari tes pemahaman, 10 mahasiswa mampu memahami materi dengan baik sedangkan sisanya belum memenuhi syarat dengan rincian dari 13 CPMK yang diujikan, hanya 3 CPMK yang memenuhi kelayakan pemahaman yaitu dasar-dasar statistika (83, 33%), penyajian data (67%) dan ukuran gejala pusat (67%). Untuk 10 CPMK lainnya memperoleh presentase di bawah 60%. Hasil wawancara juga memperjelas tes pemahaman, rata-rata jawaban yang diberikan oleh mahasiswa menyatakan bahwa praktik kegiatan MBKM mengalami kesulitan dalam konversi mata kuliah statistik pendidikan, kurang pemahaman teori menjadi penyebab utama. Hasil tes pemahaman dan juga wawancara tercermin pada hasil analisis dokumen yang diperoleh dari laporan MBKM yang dikumpulkan, 5 CPL yang harusnya terwujud dalam penjabaran kegiatan kurang terlihat dan tidak semua CPL terwakili kegiatannya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Merdeka Belajar Kampus Merdeka.... (Fuadi & Aswita, 5(2), 603–614.

Irawan, R., Haryati, T., Amrin, A., & Hidayat, A. G. (2022). Analisis Adaptasi Pelaksanaan MBKM dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Akademik di STKIP Taman Siswa Bima (Telaah Studi pada Prodi PGSD, PJKR dan Pendidikan Matematika; Hibah Program Bantuan Prodi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3814–3823.

Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857.

Krisnanik, E., Saphira, Q., Intan, D., & Indriana, H. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021, 1–5.

Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126.

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685.

Nelliraharti, & Suri, M. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Statistik Pendidikan. Journal of Education Science (JES), 6(2), 174–182.

Nona, R. V., Banda, F. L., Leha, E., Supardi, P. N., Meke, K. D. P., & Suryani, L. (2021). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdek. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 763–777.

Rezeki, R., Sitompul, H., & Situmorang, J. (2020). The Effect of Learning Strategies and Cognitive Styles on Learning Outcomes of Mathematics after Controlling Intelligence. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, Vol. 3, pp. 1151–1163.

Yusuf, Y., & Sukestiyarno, Y. (2022). Pre-service Teachers’ Statistical Reasoning based on Cognitive Style. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 136–150

Published
2023-12-27