Inklusi Pendidikan Dan Dinamika Kebudayaan Lokal Di Papua

  • Salehuddin Salehuddin Universitas Negeri Makassar
  • Shermina Oruh Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar
  • Rani Maswati Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) YAPIS BIAK
Keywords: Inklusi Pendidikan, Kebudayaan Local

Abstract

Dinamika kebudayaan Papua sangat menggambarkan kekayaan dan keragaman warisan budaya di wilayah tersebut. Lebih dari 250 kelompok etnis yang berbeda, Papua menjadi medan pertemuan keanekaragaman bahasa, adat istiadat, dan tradisi unik. Lanskap budaya yang kaya ini mencerminkan kehidupan masyarakat Papua yang sangat beragam dan memiliki warisan budaya yang bernilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus untuk mengeksplorasi hubungan antara inklusi pendidikan dan dinamika kebudayaan di Papua. Dilakukan di berbagai lokasi yang dipilih secara hati-hati, penelitian ini melibatkan pemangku kepentingan seperti guru, siswa, orang tua, tokoh masyarakat, dan praktisi pendidikan. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen, semuanya dilakukan dalam bahasa dan konteks budaya setempat. Analisis data menggunakan pendekatan analisis tematik dan studi kasus untuk memahami dampak inklusi pendidikan terhadap keberlanjutan budaya di Papua. Penelitian ini menyoroti inklusi pendidikan di Papua, terutama dalam aksesibilitas pendidikan formal di daerah pedalaman yang terisolasi. Faktor utama melibatkan kurangnya infrastruktur, transportasi, dan sumber daya manusia pendidikan, menekankan perlunya perhatian khusus pada pemenuhan kebutuhan pendidikan di wilayah-wilayah sulit dijangkau. Selain itu, peran penting budaya kearifan local sebagai elemen kunci dalam mempertahankan identitas budaya Papua.  Temuan signifikan lainnya menyoroti urgensi integrasi unsur budaya lokal dalam penyusunan kurikulum pendidikan, yang mencakup bahasa, tradisi, dan nilai-nilai lokal. Diperlukan pelatihan guru untuk menjadi fasilitator inklusi yang mampu menggabungkan kekayaan budaya dalam proses pembelajaran, menciptakan lingkungan di mana setiap siswa merasa diakui dan dihargai sebagai entitas yang merdeka dan setara.

References

Arum, S. K., Widyastono, H., & Sunardi, B. (2020). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 120-126.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94-100.

Fahrudin, A., & Maryam, E. (2022). Review Analisis Pendidikan Fisika Berbasis Etnosains, Budaya, dan Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 1(1), 12-24.

Hasan, H., & Nugroho, Z. (2022). Menuju Papua Damai dengan Pendekatan Pembangunan Inklusif. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 56-66.

Lahay, R., & Mahmud, R. (2023). Implementasi Sistem Noken Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Papua Dalam Penguatan Nilai Demokrasi. JURNAL POLAHI, 1(1).

Letsoin, Y. S., Baunsele, O. R., & Taroreh, T. (2023). Mengusung Politik Damai Abdurrahman Wahid dalam Mengatasi Eskalasi Konflik Kelompok Kriminal Bersenjata dengan Tentara Nasional Indonesia di Papua. Jurnal Politik Profetik, 11(2), 169-185.

Masinambow, Y. (2021). Transformasi Pendidikan Kristen Dalam Konteks Kebangsaan Indonesia. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 120-136.

Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1108-1116.

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1183-1190.

Nahumury, A. P. (2023). Pemaknaan Perempuan Papua terhadap Identitas Budaya yang di Tampilkan dalam Film Dokumenter “Noken Rahim Kedua” (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Nurlaili, N., Pangesti, N., & Putri, A. Y. (2023). Paradigma Pendidikan Islam Multikultural Keberagamaan Indonesia Dalam Keberagaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 11204-11218.

Yusuf, M. (2023). Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural. Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(1), 23-44.

Published
2023-12-31