Kontribusi Motivasi Hedonic Shopping Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen Toko X

  • Yuninda Tria Ningsih Universitas Negeri Padang
  • Andre Maulana Chandra Universitas Negeri Padang
Keywords: Impulsive Buying, Motivasi Hedonic Shopping

Abstract

Impulsive buying adalah suatu perilaku saat seorang individu melakukan aktivitas belanja yang dilakukan dan terjadi tanpa adanya perencanaan serta biasanya dilakukan saat berada dalam lingkungan belanja, dan biasanya cenderung diikuti oleh perasaan menyesal setelah melakukan belanja diluar perencanaan dan kebutuhan. Impulsive buying menjadi masalah yang cukup menarik untuk diyeliti karena sebagian mampu berdampak negative pada infividu dengan perilaku impulsive buying.penelitian ini bertujuan untuk melihat nilai kontribusi motivasi hedonic shopping terhadap impulsive buying pada konsumen toko X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan accidental sampling dengan jumlah partisipan sejumlah 106 konsumen toko X. Instrument penelitian yang pertama disusun oleh Verplanken & Herabadi (2001) dengan Impulsive Buying Tendency (IBT), dan instrument kedua disusun oleh Arnold & Reynolds (2003) dengan Hedonic Shopping Motivation (HSM) Scale. Metode analisis data yang digunakan ialah teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi hedonic shopping berkontribusi terhadap impulsive buying dan diperoleh koefisien r = 1.120 dan p = 0,000 (p < 0,05 ) dengan nilai R square sebesar 0,450 dengan pengertian bahwa kontribusi motivasi hedonic shopping terhadap variabel terikat sebesar 45%. Impilikasi dalam penelitian ini adalah agar individu terutama konsumen yang impulsive mampu mengendalikan diri untuk mampu mengontrol diri dalam setiap pembelian yang impulsive.

References

Arnold, mj, & reynolds, k.e. (2003). Motivasi belanja hedonis.jurnal ritel, 79(2), 77-95.

Cantikasari, Y., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonis, Materialisme, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Pembelian Impulsif. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 23(2), 33-43.

Purnamasari, L. S., Somantri, B., & Agustiani, V. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Shopee. Co. Id (Studi Kasus di Lingkungan Mahasiswa Kota Sukabumi). Cakrawala Repositori IMWI, 4(1), 36-48.

Prasetia, K. H. (2020). Pengaruh hedonic shopping motivation, promotion, dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada konsumen shopee (Studi Empiris pada Mahasiswa UMMagelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Ratu, B. R., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey Pada Konsumen Pt. Matahari Departement Store Mega Mall Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 1282-1292.

Safitri, M. L. H. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Minuman Starbucks). Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 280-290.

Octaviana, A. R., & Komariah, K. (2022). Analisis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1961-1970.

Utami, B. (2020). Pengaruh nilai belanja hedonik terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel perantara (Studi kasus pada pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 6(1), 11-22.

Usvita, M., Yunus, M., & Ukhra, A. (2021). Pengaruh shopping lifestyle dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen Transmart Padang. Journal of Social and Economics Research, 3(2), 139-145.

Yu, C., & Bastin, M. (2020). Value hedonic spending and impulsive buying behavior in a transitional economy: a symbiosis in the mainland china market. Journal of Brand Management, 18(2), 105- 114.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144-154.

Published
2023-12-31