Persfektif Ibnu Khaldun tentang Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di SMP Muhammadiyah Payakumbuh

  • Iqbal Anas Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Silfia Hanani Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittingi
Keywords: Ibnu Khaldun, Pendidikan Islam, Nilai-Nilai Pendidikan

Abstract

Artikel ini membahas perspektif Ibnu Khaldun mengenai penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dan bagaimana pemikirannya dapat diimplementasikan di SMP Muhammadiyah Payakumbuh. Ibnu Khaldun, seorang filsuf dan sejarawan Muslim, memandang pendidikan sebagai alat penting dalam pembentukan karakter, akhlak, dan pembangunan peradaban. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai pendidikan menurut Ibnu Khaldun, seperti pembentukan akhlak, keteladanan guru, pendekatan bertahap dalam pembelajaran, dan pengembangan keterampilan praktis, dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Temuan menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah Payakumbuh berupaya mengintegrasikan nilai-nilai ini melalui pendekatan yang menekankan pada adab, disiplin, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan yang mendukung pengembangan karakter Islami. Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam ini diharapkan dapat melahirkan siswa yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tetapi juga berakhlak mulia dan memiliki keterampilan hidup yang bermanfaat.

References

Adina, R. N., & Wantini, W. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 312–318.

Hamam, B. (2015). Dekontruksi Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Hamam Burhanuddin. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 03, 02.

Hanani, Silfia. (2013). Sosiologi Pendidikan keindonesiaan. Ar-Ruzz Media.

Hamdi, M. R., Harti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun 1332M. Kutubkhanah, 20(2), 121.https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13347

Khumaidah, S., & Hidayati, R. N. (2021). Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun Dan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 212–252.

Komarudin. (2020). Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun. PANDAWA: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 23–41.

Kosim, M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Dan Relevansinya Dengan Sisdiknas. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 387–417.

Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Widya Astuti, A. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211

Noormawanti. (2021). Perspektif Ibnu Khaldun tentang Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Noormawanti. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(2), 317–329. https://doi.org/10.19109/jsa.v4i1.6160.1

Riri Nurandriani, & Sobar Alghazal. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 27–36. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.731

Rohmah, S. (2012). Relevan. Forum Tarbiyah, 10(1), 269–279.

Sya’rani, M. (2021). Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(1), 68–76. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.40

Yayat Hidayat. (2019). Pendidikan dalam perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Islam AL-ILMI, 2:(1), 11–22.https://doi.org/10.32529/alilmi.v2i1.261

Published
2024-12-31