Pendidikan Moral Dalam Islam Sebagai Solusi Mencegah Kenakalan Remaja

  • Musytari Musytari STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Widya Astuti STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Rismawati Rismawati STAI Al-Gazali Bulukumba
Keywords: Pendidikan Moral, Kenakalan Remaja

Abstract

Kenakalan remaja di Indonesia telah menjadi fenomena yang mengkhawatirkan, dipicu oleh arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang cepat. Perilaku menyimpang seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba, dan kekerasan menunjukkan dampak negatif dari kemajuan peradaban. Dalam konteks ini, pendidikan moral berbasis agama, khususnya Islam, menjadi sangat penting. Pendidikan moral dalam Islam mencakup aspek keyakinan, ibadah, dan muamalah, yang bertujuan untuk membentuk karakter remaja dengan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, disiplin, dan empati. Pendidikan moral yang terintegrasi dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat diharapkan dapat membentuk generasi muda yang berakhlak mulia. Kendala dalam implementasi pendidikan ini, seperti pengaruh lingkungan yang tidak kondusif, memerlukan upaya kolaboratif antara orang tua, guru, dan pemerintah. Selain itu, pendekatan yang inovatif dan eval__uasi berkala perlu diterapkan untuk meningkatkan efektivitas program pendidikan moral. Dengan membekali remaja dengan pemahaman yang kuat tentang moralitas, diharapkan mereka dapat terhindar dari perilaku menyimpang dan menjadi agen perubahan positif bagi masyarakat.

 

References

Ahmad Noviansah, M. (2020). Pendidikan Moral Pada Lingkungan Keluarga Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Mendatang. Jurnal Pendidikan, 11.

Mizanul Hasanah dkk. (2021). solusi pendidikan agama islam mengatasi kenakalan remaja pada keluarga broken home. Jurnal Pendidikan, 4.

Ahyadi, A. (2019). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 145-159.

Fauzan, F., & Purnomo, A. (2019). Peran Pendidikan Moral Islami dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 123-134.

Ahmad Noviansah, M. (2020). Pendidikan Moral Pada Lingkungan Keluarga Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Mendatang. Jurnal Pendidikan, 11.

Mizanul Hasanah dkk. (2021). solusi pendidikan agama islam mengatasi kenakalan remaja pada keluarga broken home. Jurnal Pendidikan, 4.

Hadi, S. (2020). eval_uasi Implementasi Pendidikan Moral Islami di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 67-78.

Hidayat, R. (2021). Nilai-Nilai Islam dalam Pembentukan Karakter Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2), 135-148.

Kementerian Agama RI. (2020). Pedoman Pendidikan Moral Berbasis Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Nasution, S. (2021). Pendidikan Moral Islami sebagai Solusi Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 105-120.

Nurdin, N. (2019). Kolaborasi Orang Tua, Guru, dan Tokoh Agama dalam Pendidikan Moral Islami. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 45-56.

Suherman, A. (2020). Tantangan Implementasi Pendidikan Moral Islami di Era Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 87-98.

Syahputra, E. (2018). Inovasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Moral Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 123-134.

Zainuddin, A. (2020). Pendidikan Moral dalam Islam dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 123-135.

Rahman, A. (2020). Pendidikan Moral dalam Islam: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 78-90.

Sari, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Moral terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 45-58.

Alvi, M. (2020). Moral Education in Islamic Perspective: A Comprehensive Approach. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 120-135.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall.

Hidayah, N. (2021). Peran Keluarga dalam Pendidikan Moral Remaja. Jurnal Psikologi Keluarga, 7(2), 56-70.

Khalid, M. (2021). Peran Pendidikan Moral dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Era Modern. Jurnal Studi Islam, 10(1), 45-60.

Mustafa, R. (2022). Utilizing Technology in Moral Education: Challenges and Opportunities. International Journal of Educational Technology, 5(4), 88-99.

Rahman, A. (2020). Pendidikan Moral dalam Islam: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 78-90.

Salim, F. (2021). Cultural Values and Youth Behavior: An Islamic Perspective. Jurnal Sosial dan Humaniora, 9(1), 34-50.

Sari, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Moral terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 45-58.

Zainuddin, A. (2020). Community Engagement in Youth Development: A Case Study. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2), 100-110.

Published
2024-12-29