Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di PKBM Windsor Jakarta Pusat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi strategi pemasaran Pendidikan dalam menarik minar peserta didik baru di PKBM Windsor Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi Pengelola PKBM Windsor, tutor, wali murid serta peserta didik. Instrument penelitian ini dibantu dengan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru, dimana lembaga pendidikan sudah berada pada jalur yang tepat dalam menjalankan strategi pemasaran (2) respon dan minat peserta didik baru serta wali murid terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh PKBM Windsor, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan strategi pemasaran sangat dipengaruhi oleh cara lembaga mendekati dan menyampaikan informasi kepada calon peserta didik dan orang tua (3) Tantangan yang dihadapi dalam stratgei pemassaran pendidikan, dimana PKBM Windsor cukup dapat beradaptasi dengan perubahan kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah. Hasil strategi pemasaran pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru di PKBM Windsor Jakarta Pusat ini bisa dikatakakan sudah sesuai denga napa yang seharusnya dilakukan, yakni dengan melakukan berbagai tahapan dalam proses pemasaran, kegiatan ini sudah sangat baik dan harus terus dipertahankan, mengingat hasil dari pemasaran ini juga yang bisa membuat PKBM Windsor memeiliki berbagai cabang di berbagai daerah.


.png)
.png)



