Representasi Personal Branding Maudy Ayunda Di Akun You Tube @modmedia

  • Putri Emalia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hadi Saputra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Irfan Ilham Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Umi Dwi Bintang Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Ahsani Taqwin Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Personal Branding, Strategi Komunikasi, Youtube, Konstruksi Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Maudy Ayunda dalam membangun personal branding melalui akun YouTube @modmedia. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten pada tiga video dengan tema edukasi, gaya hidup, dan pengembangan diri. Ketiga tema ini dipilih untuk merepresentasikan dimensi utama personal branding Maudy Ayunda sebagai figur publik yang inspiratif, intelektual, dan multidimensional. Data dianalisis menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, yang menjelaskan bahwa realitas sosial dibangun melalui proses interaksi dan institusionalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maudy Ayunda menerapkan tiga strategi komunikasi utama, yaitu konsistensi narasi personal, pemilihan tema konten yang relevan, dan interaksi audiens yang inklusif. Konsistensi narasi terlihat dari bagaimana setiap video mencerminkan citra dirinya sebagai sosok intelektual, produktif, dan reflektif. Pemilihan tema yang relevan memastikan bahwa konten yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan minat audiensnya. Sementara itu, interaksi yang inklusif melalui komentar dan diskusi menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan audiens. Melalui tiga strategi tersebut, Maudy berhasil merepresentasikan dirinya sebagai figur publik yang otentik dan berdampak positif. Penelitian ini menegaskan bahwa media sosial, khususnya YouTube, dapat dimanfaatkan secara strategis untuk membangun personal branding yang relevan dan inspiratif. Hasil ini  menunjukkan pentingnya konsistensi, relevansi, dan keterlibatan dalam membangun hubungan yang bermakna dengan audiens di era digital.

References

Afrili A. M. (2018). Personal branding remaja di era yang menjadi target audiens utamanya. digital. Jurnal Komunikasi, 11(1), 20-30.

Amalia, T. W., & Satvikadewi, P. (2020). Core. Personal Branding Content Creator Arif Muhammad (Analisis Visual Pada Akun Youtube @Arif Muhammad), 6, 80–89.

Andriyani, D. (2022). Media Sosial Sebagai Ruang Diskusi yang Efektif.

Arruda, W. (2019). Digital You Real Personal Branding In The Virtual Age. United States of Amerika: ATD Press.Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Anchor Books.

Berger, Peter L., & Luckmann, Thomas. (1971). Social Construction of Reality: A New Look. American Sociological Review, 36(4), 663-668.

Dinata, C., dan Aulia, S. (2022). Analisis Personal Branding Content Creator TikTok.@claramonica. Journal Untar.ac.id.

Febriani. 2020. Gaya Komunikasi Profesional dan Konsistensi dalam Personal Branding.

Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology.

Kurniasari, R. (2021). Branding Berbasis Nilai: Studi Kasus di Media Digital.

Kusumastuti, I. (2020). Konsistensi dalam Personal Branding.

Kusumawati, R., & Haryanto, T. (2021). Relevansi Konten dengan Minat Audiens di Era Digital.

Luckmann, Thomas. (2020). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. American Journal of Sociology, 72(4), 417-429.

Nugroho, B. (2021). Strategi Lintas Platform dalam Komunikasi Digital.

Pradipta, A. (2021). Relevansi Konten sebagai Faktor Keberhasilan Branding di Media Digital.

Pranoto, B. (2020). Interaksi Aktif di Media Sosial untuk Meningkatkan Loyalitas Pengikut. Ilmu Komunikasi Usm Geri Da Pinto Pada. Akun Creator Tiktok.

Puspita, A. T. (2019). Personal Branding Dany @Omagaaakkk. Journlas usm.ac.id.

Haroen, Dewi.(2014). Personal branding. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka utama.

Putri, E. H. (2021). Analisis Personal Branding Atta Halilintar Dalam mengembangkan usaha Melalui Chanel Youtubenya. Eskripsi usm.ac.id.

Ries, A., & Trout, J. (2001). Positioning: The Tuten, Tracy, and Michael Battle for Your Mind (2nd ed.). Solomon.(2017).”Social media McGraw-Hill. marketing” Pearson Education.

Shepherd, J. (2005). Branding Yourself: How to Widiastuti, A. (2022). Keterlibatan Aktif Use Social Media to Invent or Reinvent dengan Audiens di Platform Digital. Yourself. McGraw-Hill.

Published
2024-12-31