Kontribusi Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Santri Tingkat Aliyah Di Kota Bukittinggi
Abstract
Dalam proses pembentukan karakter santri, kedisiplinan memiliki peran yang sangat penting. Kedisiplinan ini akan membantu santri untuk meraih kesuksesan dan mengatasi berbagai persoalan dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar kontribusi kesadaran diri terhadap kedisiplinan santri tingkat aliyah di Kota Bukittinggi, melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini ialah santri tingkat aliyah di Kota Bukittinggi sebanyak 135 santri yang dijadikan sebagai sampel, diperoleh berdasarkan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner yang telah disusun oleh peneliti untuk mengukur kesadaran diri menggunakan teori Goleman (2020) dan kedisiplinan menggunakan teori Sobri (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri berkontribusi sebesar 17.9% terhadap kedisiplinan santri tingkat aliyah di Kota Bukittinggi.
References
Abdurahman, A. (2018). Budaya Disiplin dan Ta’zir Santri di Pondok Pesantren. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10 (1), 29–57.
Abidin, A. Z., Akmansyah, M., & Amirudin, A. (2022). Potret Kenakalan Santri di Pondok Pesantren: Analisis Faktor, Bentuk dan Upaya Penanggulangannya. Hikmah, 20(1), 105-120.
Adawiyah, S. R. (2018). Pendidikan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Sirojul Huda. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 81-87.
Afiati, N. S. (2018). Kualitas Kehidupan Sekolah dan Disiplin pada Santri Asrama Pondok Pesantren. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(1), 15-28.
Ajhuri, K, F. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Media Pustaka.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (II). PUSTAKA PELAJAR.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian. Cetakan ke-17. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar. Bantu Statistik. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata
Dahri, A. (2023). Manajemen Pendidikan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren (Studi pada Pesantren Modern Shalahuddin Kabupaten Gayo Lues). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1143-1153.
Dewi, K. Y. F., Yaniasti, N. L., Puger, I. G. N., Setiawan, G. D., Nisaa, R. D., Mudarya, I. N., ... & Wedhayanti, G. C. (2023). Pelatihan Tehnik-Tehnik Menumbuhkan Self-Awareness (Kesadaran Diri) Bagi Para Guru Di SMPN 1 SERIRIT. Jnana Karya, 4(2).
Dwiwinardo, E, G, Ningrun, B, D, Herawati, T, Apriliantini, F. (2022). Faktor-Faktor Perilaku Kedisiplinan Siswa Di SMA Negri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Kerawang. JCOSE, 5(1).
Effendi, M. F., Akbar, S. N., & Rachmah, D. N. (2020). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kesadaran diri pada siswa SMPN 8 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(1), 61-65.
Elly, R. (2017). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 3(2).
Fadilah, N., & Utami, N. (2024). Hubungan Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas: Tinjauan Empiris. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 4695-4704.
Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 2 Klaten. In Prosiding Seminar Nasional PEP (Vol. 1, No. 1, pp. 108-115).
Goleman, D. (2020). Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Govanny, J. L., Patricia, R., & Hartini, S. (2021). Kedisiplinan ditinjau dari self-awareness pada siswa kelas xi di smk telkom 2 Medan. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(1), 1530-1539.
Hafizha, R. (2021). Profil Self-Awareness Remaja. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 159-166.
Hamidah, A. Z. (2022). Pengaruh Peraturan Pesantren terhadap Kedisiplinan Santri Putri pada Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 8(02).
Hendra, D., & Abdullah, R. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Kota Solok. CIVED, 5(4).
Huda, M. N., & Yani, M. T. (2015). Pelanggaran santri terhadap peraturan tata tertib pondok pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(03), 740-753.
Islamy, U. A., Kamal, M., & Yusri, F. (2024). Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Sman 2 Tilatang Kamang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 439-449.
Misnawati, M., Rusmana, N., & Yudha, E. S. (2022). Tingkat Sikap Disiplin Peserta Didik Pada Masa Pandemi Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Psychocentrum Review, 4(1), 118-124.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Mustika, M. (2017). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (penelitian korelasional bidang BK pribadi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Mulyaningsih, F. (2021). Perilaku Melanggar Peraturan Pada Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Putri Utara Blokagung Banyuwangi (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi).
Muttaqin, K. M. I., Zulhannan, Z., & Hijriyah, U. (2023). Implementasi Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4815-4819.
Nafiah, U. R., & Deswalantri, D. (2021). Pengaruh Sikap Siswa pada Tata Tertib Terhadap Disiplin Sekolah dii SMK Pembangunan Bukittinggi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 82-89.
Natalia, A. D., & Argasiam, B. (2024). Self Awareness Ditinjau Dengan Hubungan Kedisplinan Sekolah Pada Peserta Didik Smk Pika Semarang. Image, 4(1).
Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi tata tertib sekolah dalam membentuk disiplin siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(2), 343-357.
Putra, M. R. R., & Mujiburrohman, M. (2023). Pengaruh Sholat Tahajud Terhadap Tingkat Kedisiplinan Santri Putra di Pondok Pesantren Baitul Quran Tahun Ajaran 2022/2023. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), 639-646.
Salam, N. F. S., Rifai, A. M., & Ali, H. (2020). Faktor penerapan disiplin kerja: kesadaran diri, motivasi, lingkungan (suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan dan ilmu sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 487-508.
Sari, I. I., & Hadinata, E. O. (2022, December). Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Disiplin Pada Santri Madrasah Tsanawiyah Di Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang. In Proceeding Conference on Genuine Psychology (Vol. 2, pp. 117-124).
Saroji, Widyayanti. N, Tupen Ama, R. G. (2021). Kesadaran Diri Dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMA. CONSENIA: Jurnal of Guidance and Counseling, 2 (1), 1-9.
Septirahmah, A. P., & Hilmawan, M. R. (2021). Faktor-faktor internal yang mempengaruhi kedisiplinan: pembawaan, kesadaran, minat dan motivasi, serta pola pikir. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 618-622.
Siregar, D. M., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 119-124.
Sobri, Muhammad. 2020. kontribusi kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar. GUEPDIA.
Tika, T., Nurmal, I., & Syahindra, W. (2020). Eksistensi Pesantren Arrahmah Curup, Bengkulu: Antara kemunduran dan kurangnya sikap disiplin santri. Al-Mau'izhoh, 2(1), 363122.
Triastutik, A., & Sutoyo, A. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib Sekolah pada Siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 41-45.
Tu’u, T. (2020). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Widiatmoko, M., & Ardini, F. M. (2018). Pendekatan konseling analisis transaksional untuk mengembangkan kesadaran diri remaja. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 99-108.
Winarsunu, T. (2009). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Penelitian. UMM Pres Malang.
Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2),329-338.


.png)
.png)



