Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dan Family Background dengan Aggressive Driving Pada Remaja Pelaku Balap Liar Roda Dua Di Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan dukungan sosial keluarga dan family background dengan anggressive driving pada remaja pelaku balap liar roda dua di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi remaja di Kota Padang dan melibatkan sampel sebanyak 103 orang subjek. Data dikumpulkan menggunakan dua skala yaitu skala aggressive driving yang terdiri dari 30 item dan skala dukungan sosial keluarga yang terdiri dari 27 item. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pearson product moment, analisis regresi, dan analisis kovarian. Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis kovarians (anakova) diperoleh nilai F hitung sebesar 120,150 dengan nilai signifikansi <0,001, Penelitian ini mendapatkan hasil analisis data yang turut mengungkap nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,785. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara dukungan sosial keluarga dan family background dengan aggressive driving.
References
Abdulwahid, S. N., Mahmoud, M. A., Ibrahim, N., Zaidan, B. B., & Ameen, H. A. (2022). Modeling Motorcyclists’ Aggressive Driving Behavior Using Computational and Statistical Analysis of Real-Time Driving Data to Improve Road Safety and Reduce Accidents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(13), 7704. https://doi.org/10.3390/ijerph191377.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Biernacki, M. P., & Lewkowicz, R. (2020). Evidence for the role of personality in the cognitive performance of older male drivers. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 69, 385–400. https://doi.org/10.1016/j.trf.2020.02.0
Guritno, R. H., & Claretta, D. (2023). Penerapan Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Remaja Terhadap Pemilihan Pertemanan Pada Aksi Balap Liar. Nusantara. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(6). https://doi.org/10.31604/jips.v10i6.2023.2943-2953
Houston, J. M., & Harris, P. (2003). The Aggressive Driving Behavior Scale: Developing a Self-Report Measure of Unsafe Driving Practices.
Muhammad, M., Nirwana, H., & Marjohan, M. (2019). Social Support for Adolescent Resilience in Dealing With Conflicts in Divorced Parents. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.24036/005299ijaccs
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (Seventh edition). Wiley.
Saragih, R. S. J. (2022). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya dan Keharmonisan Keluarga Dengan Kenakalan Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K),3(1),83–91.
Situngkir, R. B. G. (2021). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3). https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.39
Su, Z., Woodman, R., Smyth, J., & Elliott, M. (2023). The relationship between aggressive driving and driver performance: A systematic review with meta-analysis. Accident Analysis & Prevention, 183, 106972. https://doi.org/10.1016/j.aap.2023.106972
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed). IKAPI.
Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jurnal Penelitian, 4(2).
Ulya, H. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kenakalan Remaja Sekolah. Universitas Islam Sultan Agung.
Winarsunu, T. (2012). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malang: UMM Press.
Yulihasri, R., & Mahyuddin, N. (2021). Pengaruh Pola Asuh Berdasarkan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Karakter Mandiri Anak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 169–181


.png)
.png)



