Pembentukan Konsep Diri Duta Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dalam Membangun Citra Jurusan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali secara mendalam proses pembentukan konsep diri duta Pendidikan Sosiologi Untirta dalam membangun citra Jurusan, dan apakah konsep diri tersebut berjalan ke arah positif atau negatif dengan menggunakan teori Interaksionalisme Simbolik George Herbert Mead. Menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pembentukan konsep diri duta Pendidikan Sosiologi dalam membangun citra Jurusan berjalan ke arah yang positif. Karena pada aspek pikiran (Mind) duta Pendidikan Sosiologi telah dapat menafsirkan serta mengidentifikasi peranan mereka sebagai duta Jurusan dikarenakan adanya interaksi serta komunikasi yang memunculkan simbol yang mereka maknai dari awal pembekalan hingga penugasan. Kemudian pada aspek diri (Self) duta Pendidikan Sosiologi mampu menjadi aku (I) dan diriku (Me), dari yang awalnya spontan melakukan apa yang diinginkan menjadi terkontrol karena memahami statusnya sebagai duta. Dan yang terakhir dari aspek masyarakat (Society) duta Pendidikan Sosiologi berinteraksi dengan sesama duta, Mahasiswa, dosen dan yang lainnya, serta mereka mampu beradaptasi dan menerima ekspetasi yang muncul.
References
Elmie, Uus Mohammad Darul Fadli, & Syifa Pramudita Faddila. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi Dosen, Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1190
Gaffardan, M. Alfito, Abdul Haris Fatgehipon, and Achmad Nur Hidayat. 2024. “Konsep Diri Remaja Otaku ( Studi Pada Komunitas Jakarta Japan Lunatic Club Di Universitas Negeri Jakarta ) Self Concept Of Youth ( Study on the Jakarta Japan Lunatic Club Community at Universitas Negeri Jakarta ).” 14–18.
Konsep, H., Dengan, D., Minat, K., Memilih, D., Pada, J., Jurusan, M., Universitas, D., Indonesia, P., & Self-concept, T. R. B. (2025). Jurnal Social Library. 5(1), 1–10.
Mead, G. H. (2025). MIND, SELF & SOCIETY, Pikiran, Diri, dam Masyarakat, Terj William Saputra. Yogyakarta: FORUM.
Mustaqimmah, N., & Sari, N. D. (2021). Konsep Diri Generasi TikTok di Kabupaten Rokan Hulu. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 9(2), 148–166. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/download/8430/3872#:~:text=Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa,Hulu adalah Konsep Diri Positif.
Pada, E., Yang, M., Oleh, D., Tunggal, I., Jurnal, A., Zainuddin, N. H., & Marissa, A. (2024). pengaruh konsep diri dan dukungan sosial terhadap kematangan emosi pada mahasiswa ya n g. 3, 181–191.
Reniati, Isni, Rizki Setiawan, and Nurul Hayat. 2023. “Self-Concept Perempuan Pekerja Pemulung (Studi Kasus Perempuan Pekerja Pemulung Kota Harapan Indah).” Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial 8(2):257–70. doi: 10.36636/dialektika.v8i2.3258.
Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern . Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Rusdana, R., & Afrizal, S. (2024). Pencitraan Diri: Kajian Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Melalui Penggunaan Postingan Instagram. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 7(1), 383–392. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2025
Saoqillah, Akhmad. 2022. “Peranan Komunikasi Intrapersonal Dalam Proses Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa Kpi Iuqi.” At-Tawasul 1(2):83–92. doi: 10.51192/ja.v1i2.210.
Setiawan, R., & Nabila, P. A. (2022). Penggunaan Aplikasi Tiktok Dalam Pembentukan Konsep Diri Remaja Di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(3), 122. https://doi.org/10.20527/pn.v4i3.5580
Sormin, Melani Kurniasih, and Ilham Prisgunanto. 2021. “Pembentukan Konsep Diri Satuan Paspampres Ri.” Jurnal Pustaka Komunikasi 4(2):147–58. doi: 10.32509/pustakom.v4i2.1416.
Syahraeni, Andi, Jurusan Bimbingan, Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah, Komunikasi Uin, and Alauddin Makassar. 2020. “Pembentukan Konsep Diri Remaja.” Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam 7(1):61–76.
Web Resmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan AgengTirtayasa https://fkip.untirta.ac.id/


.png)
.png)



