Pengembangan Modul Digital Bahasa Indonesia Berbasis Tenun Muna Pa'a untuk Meningkatkan Pemahaman Sastra di SMP
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah memiliki peranan penting dalam membentuk kemampuan literasi, khususnya dalam memahami teks sastra. Namun, rendahnya keterkaitan materi ajar dengan budaya lokal menjadi kendala dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul digital Bahasa Indonesia berbasis tenun Muna Pa’a sebagai upaya kontekstualisasi pembelajaran sastra di SMP Negeri 1 Woja. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D, yang mencakup tahap Define, Design, dan Develop. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, serta pretest dan posttest yang melibatkan 23 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman sastra siswa, ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata nilai dari 61,7 (pretest) menjadi 83,0 (posttest). Respon siswa terhadap modul juga sangat positif, dengan 91% menyatakan bahwa e-modul menarik dan relevan dengan budaya lokal. Guru menyatakan bahwa e-modul membantu menyampaikan materi dengan lebih kontekstual dan menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal melalui media digital interaktif mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sastra. e-Modul ini berpotensi menjadi alternatif bahan ajar inovatif dalam mendukung implementasi Kurikulum yang diterapkan.
References
Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Arwitasari, Halimatuzzahro, W. H. (2023). Teaching Islam Through Cultural Symbol : Educational Values of Rimpu in Bima West Nusa Tenggara. El-Tarbawi, 16(2), 269–286. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol16.iss2.art5
M Nur Imansyah, Mulya Yusnarti, Nurjannah, Ramadhan, F. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif di SMK. 4(4), 2776–5636.
Monalisa, M., & Angel, R. (2024). Peningkatan keterampilan literasi melalui pembelajaran puisi berbasis proyek. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16958–16966.
Nasir, M., Azmin, N., Sandi, A., Sitaman, S., & Nehru, N. (2024). Pelatihan Pewarnaan Alami untuk Pembuatan Kain Tenun Muna Pa’a di Desa Ranggo Kabupaten Dompu. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 101–106. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i2.1156
Payanti, D. A. K. D. (2022). Peran Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. Sandibasa I: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I, 4(April), 464–475. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2035%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2035/1484
Safitria. (2019). Adat Pernikahan di Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima (Studi Unsur Islam). In Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.
Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162–171. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941
Sulistyo, T., Liskinasih, A., & Purnawati, M. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tantangan Atau Hambatan Ditinjau dari Tuntutan Pembelajaran Abad 21? Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2584–2590. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.2841
Suyata, S. R. P. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Project Based Learning. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 56. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1871
Syam, A. T., & Furwana, D. (2022). The 4-D Model on the Development of English Learning Materials for Islamic Education Learners. Dinamika Ilmu, 22(1), 17–39. https://doi.org/10.21093/di.v22i1.4235
Taufik, Erwin, . Husnul Khatimah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “ Mantra Mbojo ” untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal IImiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 3.
Taufik, Ismail, M. Nur Imansyah, M. P. K. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMP. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2 Mei), 684–691.
Taufik. (2019). Representasi Diferensiasi Sosial pada Novel Kambing & Hujan Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sosiologi Sastra di Perguruan Tinggi: Representasi Diferensiasi Sosial pada Sebuah Novel. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 2(1), 166–175.
Taufik, E. Y. (2020). Ambiguitas Dalam Humor Karmina/Pantun Kilat Suku Mbojo Sebagai Pelesetan Makna. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 3(1), 375–380. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/103/64
Taufik, & M. Nur Imansyah, E. Y. (2021). Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 478–483. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.285
Taufik, T., Imansyah, M. N., & Yulianti, E. (2021). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Matakuliah Apresiasi Sastra. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 41–45. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.104
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245


.png)
.png)



