Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN 44 Kota Bima

  • Ida Waluyati Universitas Nggusuwaru
  • Intan Mutiara Universitas Nggusuwaru
  • Salvina Nafisa Universitas Nggusuwaru
  • Nana Mardiana Universitas Nggusuwaru
Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Terdapat berbagai permasalahan yang berkaitan dengan faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 44 Kota Bima antara lain, hasil belajar siswa rendah, motivasi belajar siswa cukup kurang, siswa kurang memahami pembelajaran IPS. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 44 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 19 orang. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi tahap reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, serta waktu. Hasil penelitian menujukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS DI SDN 44 Kota Bima meliputi kesulitan dalam memahami materi belajar, keterbatasan sumber belajar yang tersedia, kurangnya minat terhadap pembelajaran IPS, serta pelaksanaan pembelajaran masih belum berjalan dengan baik. kesulitan dalam proses pembelajaran, kurangnya sarana prasarana sekolah, dukungan orang tua, metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan perkembangan peserta didik.

References

Azmin, N. (2024). Pentingnya Edukasi Literasi Anak Wilayah Pesisir Daearah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Kabupaten Bima. MAPAHU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 19-23.

Amir, A., Azmin, N., & Rubianti, I. (2021). Pengaruh Pendekatan Open ENDED Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 17-22.

Azmin, N. (2024). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. JPIS Narasi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 17-20.

Amin, N. S., Rahmawati, A., Azmin, N., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMAN 2 Kota Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5563-5567.

Arifa, I., & Sudrajat. (2021). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Mungkid, Kabuapaten Magelang, Jipsindo, 8(1), 1-14, DOI:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.39124.

Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah, O. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran IPA TERP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 1-6.

Aswadin, A., Azmin, N., & Bakhtiar, B. (2021). Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMPN 8 Satap Soromandi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(2), 6-10.

Azmin, N. (2024). Transformasi Pendidikan untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. JPIS Narasi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 21-24.

Ekahidayatullah, M., & Azmin, N. (2024). Analisis Keterkaitan Kemampuan Metakognitif Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Materi Sistem Pencernaan. JPI Narasi: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 6-12.

Gultom, A. F., Munir, M.., & Ariani, I. (2019). Pemikiran Kierkegaard Tentang Manusia Agony dan Proses PenyembuhN Diri. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 55-61.

Irfan, I., Azmin, N., & Arifuddin, A. (2022). Peranan Keluarga dalam Pendidikan Anak Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5393-5396.

Irfan, I., & Azmin, N. (2022). Strategi Pendampingan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak di Kecamatan Sape. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(2), 8-11.

Indah, S., & Azmin, N. (2024). Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Siswa Sekolah di Kabupaten Bima. MAPAHU: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 1-6.

Irfan, I., Rahmasandi, R., Azhar, A., & Azmin, N. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak Di Kelurahan Nitu Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 1-7.

Irfan, I., & Azmin, N. (2025). Pengaruh Faktor Keluarga Terhadap Dorongan Belajar Siswa di SMAN 3 Sape Kabupaten Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 8(1), 217-221.

Miles, M.B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis. Sage Publisher.

Nurhasanah, N., Arifuddin, A., Nurbayan, S. T., & Azmin, N. (2023). Pola Pengasuhan Anak Dalam Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Nggusu Waru Di Kelurahan Sambinae Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 920-925.

Nita, N., Nurhijriah, N., & Azmin, N. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 3 Woja Kabupaten Dompu. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(2), 631-635.

Rahmasandi, R., Astuti, S., Azhar, A., Irfan, I., & Azmin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(2), 103-108.

Rahmawati, A., Amin, N. S., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Pasca Pandemi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5278-5281.

Sunarti, J., Nasir, M., & Azmin, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SMA N 3 Kota Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 129-136.

Sadat, A., Masita, D., & Azmin, N. (2024). Kajian Komponen Kurikulum IPS Untuk Sekolah Dasar Dalam Konteks Kurikulum 2013. JPIS Narasi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 11-16.

Syauqi Ridla, A., Nurbayan, S. T., Syaifullah, S., & Azmin, N. (2023). Pengaruh Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Remaja Di Kelurahan Rabangodu Utara Kecamatan Raba Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 691-595.

Waluyati, I., & Azmin, N. (2025). Literasi Anak sebagai Pilar Pendidikan di Wilayah Pesisir dan Daerah 3T Kabupaten Bima. MAPAHU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-6

Wijayanti, A. T. (2019). Penguatan Nilai Lokal Wisdom Melalui Penerapan “Petruk”, Jipsindo, 6(1), 70-86, DOI:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24333

Published
2025-06-13