Pengaruh Pola Asuh dan Konflik Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter pada Anak

  • Aisyah Al Wafa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yani Achdiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gina Indah Permata Nastia Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Konflik Orang Tua, Karakter Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh dan konflik orang tua berpengaruh terhadap pembentukkan karakter pada anak dan bagaimana cara orang tua mengelola konflik agar tidak berdampak negatif pada perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode literatur review dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh dari berbagai sumber sekunder, seperti jurnal dan artikel ilmiah nasional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa pola asuh yang paling ideal untuk diterapkan adalah pola asuh demokratis dimana itu merupakan pola asuh yang menyeimbangkan antara kedisiplinan dan kasih sayang. Pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter pada anak, karena orang tua merupakan contoh pertama yang di lihat anak. Konflik yang terjadi antara orang tua dan anak harus dikelola dengan baik, agar tidak mengganggu perkembangan anak.  Oleh karena itu orang tua harus memahami anak agar dapat menerapkan pola asuh yang sesuai dengan karakter anak dan juga orang tua harus belajar mengelola konflik dengan baik yaitu menyelesaikan konflik  dengan negosiasi dan empati.

References

Adam, N., & Adistiya Awali, F. (2024). Peran Pola Asuh Dalam Pembentukan Karakter Anak Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua. Fibi Adistiya Awali Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 1789–1807.

Ali, M., Prasetiya, B., Halili, H. R., Tinggi, S., Islam, A., Probolinnggo, M., & Penulis, K. (N.D.). Al-Qalam Pengaruh Pola Asuh Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Mi Miftahul Jannah. 13(2).

Aminah, S., & Saputra Rambe, M. (2024). Manajemen Konflik Dalam Komunikasi Remaja Dengan Orang Tua Sebagai Upaya Impementasi Hadis Birrul Walidain (Vol. 5, Issue 1).

Annisa Mayunda, Z. (2024). Penerapan Pola Asuh Ala Rasulullah Saw Dalam Mencegah Inner Child Negatif Pada Anak Di Khalilah Islamic Daycare: Studi Kajian Hadis.

Indaria Tri H, Indri Dwi I, Pradipta, M. A., Diana, N. F., Nurhidayah, S., Kartika, N. P., Julianingsih, D., Pgpaud Stkip Bina Insan Mandiri Surabaya, P., 2024. Pendidikan Bahasa Inggris Bina Insan Mandiri Surabaya, P., Pgsd Stkip Bina

Insan Mandiri Surabaya, P., Pendidikan Matematika Stkip Bina Insan Mandiri Surabaya, P., & Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Stkip Bina Insan

Mandiri Surabaya, P. (2024). Pendampingan Orang Tua Tentang Pola Asuh Positif Di Era Digital Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Zaman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(11).

Kurnia Ersami, F., Aditya Wisnu Wardana, M., & Info, A. (2023). Jurnal Promotif Preventif Pengaruh Toxic Parenting Bagi Kesehatan Mental Anak: Literature Review Effects Of Toxic Parenting On Children’s Mental Health: Literature Review (Vol. 6, Issue 2). Http://Journal.Unpacti.Ac.Id/Index.Php/Jpp

Meilanny Budiarti Santoso, S. A. N. (2025). Konflik Orang Tua Dengan Remaja Dalam Keluarga: Media Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Remaja Dalam Mengelola Konflik. 7.

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143.

Permata, O. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Diajar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 526–533.

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492.

Published
2025-12-01