Hubungan Determinasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas XII di Kabupaten Tanah Datar

  • Hanyfah Muslimah Universitas Negeri Padang
  • Zulian Fikry Universitas Negeri Padang
Keywords: Determinasi Diri, Pengambilan Keputusan Karir, Siswa Kelas Dua Belas

Abstract

Siswa  yang berada dijenjang kelas 12 diharapkan mempunyai keterampilan untuk menentukan arah karir guna dalam merancang masa depan karir mereka. Kemampuan tersebut dinamakan dengan pngambilan keputusan akrir . Proses ini berkaitan dengan banyak hal diantaranya adalah determinasi diri. Determinasi diri merujuk pada dorongan internal individu yang mendorongnya untuk bertindak berdasarkan potensi yang dimiliki guna mencapai tujuan hidup. Studi  bertujuan dalam mengidentifikasi kaitan kedua variabel  terhadap  siswa kelas 12 SMA di Kabupaten Tanah Datar melalui  metodologi kuantitatif dengan teknik  korelasional. Populasinya seluruh siswa menengah atas kelas XII di Kabupaten Tanah Datar, dengan sampel berjumlah 355 berdasarkan metode convenience sampling. Data didapatkan melalui kuesioner yang telah disusun oleh peneliti untuk mengukur pengambilan keputusan karir  berdasar teori Conger (1991)  dan determinasi diri berdasar teori Ryan dan Deci (2000), sehingga membuahkan hasil pengambilan keputusan karir  dan determinasi diri diperoleh hubungan yang telah diteliti  positif dan signifikan dengan nilai korelasi 0,488 dan signifikansi (p) sebesar 0,000

References

Agnia, H., & Dasalinda, D. (2022). Hubungan efikasi diri dengan pengambilan keputusan karir siswa kelas xii SMA negeri 1 sukakarya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2749-2755.

Amin, N. S., Rahmawati, A., Azmin, N., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMAN 2 Kota Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5563-5567.

Aswadin, A., Azmin, N., & Bakhtiar, B. (2021). Keefektifan penerapan metode simulasi pada konsep sistem peredaran darah manusia di kelas VIII SMPN 8 Satap Soromandi tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(2), 6-10.

Ahmad, H., & Mustakim, M. (2022). Hubungan kesetabilan emosi dengan pengambilan keputusan karir siswa SMA negeri kota mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1664-1677.

Arimurti, P. Z., & Hastuti, R. (2023). Senangkah siswa bersekolah? studi mengenai quality of school life. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 50-57.

Christian, Y. A., & Kustanti, E. R. (2022). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas xi sma pangudi luhur van lith. Jurnal Empati, 11(6), 394-401.

Dharmasatya, A., & Wilani, N. M. A. (2020). Peran determinasi diri dan dukungan sosial terhadap kematangan karier pada remaja siswa SMA kelas XII di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 60-72.

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795-5799.

Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin, N., & Hartati, H. (2021). Identifkasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 23-27.

Sunarti, J., Nasir, M., & Azmin, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SMA N 3 Kota Bima. ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 129-136.

Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi II). Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjader, Y., May, J. H., Shang, J., Vargas, L. G., & Gao, N. (2014). Firm-Level outsuourcing decision making: A balanced scorecard-based anytic network process model. International Journal of Production Economics, 147, 614- 623.

Utari, R. (2019). Hubungan antara determinasi diri dengan pengambilan keputusan karir pada siswa sma. Jurnal Riset Psikologi, (4), 1–10.

Winarsunu, T. (2019). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Penelitian. UMM Pres, Malang.

Winkel, W. S., & Hastuti. (2023). Bimbingan karir di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Published
2025-12-01