Peran sekolah dalam membentuk literasi digital dan kesadaran kritis pada siswa SMAN di Kota Makassar:Analisis Teori Perubahan Sosial William F Ogburn

  • Ernawati Arsyad Universitas Negeri Padang
  • Syamsu A Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Arlin Adam Universitas Mega Buana Palopo
Keywords: Literasi Digital, Kesadaran Kritis, Peran Sekolah

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan, terutama dalam cara peserta didik memperoleh serta memanfaatkan informasi. Situasi ini menuntut lembaga pendidikan untuk berperan lebih aktif dalam menumbuhkan kemampuan literasi digital dan kesadaran kritis siswa agar mampu beradaptasi dengan dinamika era digital sekaligus terhindar dari dampak negatif penggunaan teknologi yang tidak bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran sekolah dalam membentuk literasi digital siswa, mengidentifikasi berbagai tantangan yang muncul, serta menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.Ogburn menjelaskan bahwa perubahan sosial terutama dipicu oleh kemajuan teknologi, namun nilai, norma, dan institusi sosial sering kali tertinggal dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut. Dalam konteks pendidikan, fenomena ini tampak pada siswa yang sudah mahir menggunakan teknologi digital untuk hiburan, tetapi belum sepenuhnya memiliki kemampuan berpikir kritis dan kesadaran etis terhadap informasi yang mereka konsumsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa SMA Negeri di Kota Makassar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldaña. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sekolah telah berusaha mengintegrasikan literasi digital ke dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi, meskipun masih dihadapkan pada kendala seperti keterbatasan sarana, rendahnya kemampuan digital guru, serta minimnya dukungan orang tua terhadap pentingnya pendidikan digital. Faktor pendukung utama meliputi ketersediaan fasilitas teknologi dan komitmen sekolah dalam meningkatkan kompetensi warga sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa literasi digital dan kesadaran kritis perlu diperkuat secara sistematis di lingkungan pendidikan untuk menghadapi tantangan perubahan sosial di era digital.

References

Apriyanti Dewi, A., & Korespondensi, P. (2024). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku dan pengambilan keputusan generasi Z di era digital (Vol. 1, Issue 1).

Amin, N. S., Rahmawati, A., Azmin, N., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMAN 2 Kota Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5563-5567.

Aswadin, A., Azmin, N., & Bakhtiar, B. (2021). Keefektifan penerapan metode simulasi pada konsep sistem peredaran darah manusia di kelas VIII SMPN 8 Satap Soromandi tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(2), 6-10.

Darmayasa, M. L. A. J. E. R. E. E. 2025. (n.d.). Pendidikan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.

F Safitri, R. R. W. S. A. S.-2025. (n.d.). Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan.

Fahman Arbi, Z., & UIN Sunan Ampel Surabaya UIN Sunan Ampel Surabaya, A. (2024). Social Studies in Education Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital: Peluang dan Tantangan. 02(02), 191–206. https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.1.191-206

Herlina, D. (2025). Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis untuk Mendukung Pengambilan Keputusan yang Efektif. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Vol. 02).

Nurjannah, N. (2022). Tantangan Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844–6854.

Safitri, Febriani, et al. Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025. (n.d.).

Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin, N., & Hartati, H. (2021). Identifkasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 23-27.

Sunarti, J., Nasir, M., & Azmin, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SMA N 3 Kota Bima. ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 129-136.

Seputar, J., Pradita, E., Roro, R., Munawaroh, Z., Rahma, A. N., & Lukitoaji, B. D. (n.d.). Januari Tahun 2025 | Hal (Vol. 1, Issue 1).

Published
2025-12-01