PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI DI DESA SAI KECAMATAN SOROMANDI KABUPATEN BIMA)

  • Irfan Irfan Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi STKIP BIMA
  • Nurfaidah Nurfaidah Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi STKIP Bima
Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Anak, Pandemi Covid 19

Abstract

Kebijakan pembelajaran daring di masa pandemic covid 19, memiliki kendala yang dihadapi orang tua diantaranya kesiapan orang dalam mendidik anak,  terbatasnya waktu orang tua dalam mendampingi anak, kemampuan orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar berupa Hand Phone android dan paket data serta kemauan belajar anak yang menurun. Pendekatan penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang mengungkapkan gejala-gejala secara holistic-kontekstual (menyeluruh dan sesuai dengan konteks), melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber dengan instrument kunci penelitian itu sendiri. Dengan jumlah informan  sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, teknik analisa data secara kualitatif. Hasil analisis data bahwa orang tua sudah berperan dalam mendidik anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Sai Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Hal ini dikarenakan, orang tua sudah menempatkan diri sebagai guru selama proses pembelajaran jarak jauh (PJJ), baik mendidik dan mengajarkan, meningkatkan pemahaman anak, membagi waktu untuk memperhatikan proses belajar anak di masa pandemic covid 19, melakukan pendampingan, evaluasi belajar dan memperhatikan ketersediaan kuato internet. Namun, terdapat pula kendala orang tua dalam  mendidik anak, diantaranya: pemenuhan HP android dan paket internet bagi keluarga tidak mampu, media pembelajaran yang digunakan para guru dominan monoton dan membuat para murid merasa jenuh atau bosan. Kemudian, kemauan belajar menurun, pembelajarannya cenderung tugas online dan penyerapan materi pelajaran sangat rendah tampa pengawasan langsung dari guru

Author Biography

Irfan Irfan, Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi STKIP BIMA

References

Agustien Lilawati, 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi, Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 549-558

Cahyati, N. & Rita K. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4 (1): 153-155.
Elfi Mu’awanah, dkk. 2012. Bimbingan Konseling Islami Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Irfan, I., Nurhasanah, N., & Azhar, A. (2021). DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT (STUDI DI DESA NARU KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA). EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(1), 78-86.

Kristiwati, I., Irfan, I., & Arifuddin, A. (2019). Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMAN 3 Kota Bima. EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 3(1), 43-52.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 21 Juni 2021]

Lilia Kusuma Ningrum, 2019. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan, (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Muhammad Ari Akbar, 2015. Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Empiris Pada Komunitas Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal). Skripsi Jurusan Pendidikan Non Formal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Simamora, Antonius S.M, 2016, Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Siregar, Nina Siti. S, 2017. Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(1) : 11-27.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surbakti. 2012. Parenting Anak-Anak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Wahib, Abdul, 2015, “Konsep Orang Tua dalam Membangun Kepribadian Anak” Jurnal Paradigma Volume 2, Nomor 1, November 2015: Sekolah Tinggi Agama Islam Ma‟arif Magetan

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Published
2021-12-28