Meningkatkan Pemahaman Karir Melalui Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas 1-3 Di SDN 105367 Karang Anyar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang karir pada siswa kelas 1-3 di SDN 105367 Karang Anyar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan siswa kelas 1-3 di SDN 105367 yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan bimbingan klasikal yang berisikan layananan informasi dengan memperlihatkan berbagai macam gambar profesi seperti (Dokter, Perawat, Apoteker, Tentara, Polisi, Pilot, Pramugari, Masinis, Satpam), karena dasar pemahaman siswa tentang profesi ini belum begitu luas. siswa hanya mengetahui profesi yang sering dilihat seperti Guru dan Bidan saja. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa bimbingan klasikal dapat memberikan informasi secara luas bagi para siswa, sehingga siswa mendapatkan pengetahuan yang baru tentang berbagai macam profesi serta tugas dari masing-masing profesi.


