Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Motivational Interviewing Dalam Meningkatkan Konsep Diri Penggemar K-POP
Abstract
Konsep diri sebagai perasaan, pandangan, dan penilaian individu mengenai dirinya yang didapat dari hasil interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Banyak siswa terindikasi memiliki konsep diri tergolong rendah di SMP Nusantara Palangka Raya seperti menunjukan sikap pesimis, cenderung kurang memiliki motivasi, merasa tidak disukai oleh teman sebaya, dan sebagian besar siswa merupakan penggemar K-pop lebih sering menghabiskan waktunya untuk menonton acara idol K-pop yang disukainya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Motivational Interviewing di kelas IX SMP Nusantara Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test design. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive sehingga 4 siswa kelas IX SMP Nusantara Palangka Raya ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan menggunakan angket dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Data dianalisis dengan menggunakan statistic parametric dari Uji Paired-Sample T-Test menggunakan SPSS 25 for Window. Penelitian menunjukan adanya peningkatan konsep diri siswa melalui pemberian angket pre-test dan post-test. Nilai disebut merujuk pada perubahan kelompok kategori yang pada awalnya “rendah” (91.75) meningkat ke kategori konsep diri sedang (127.75). Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan teknik Motivational Interviewing berhasil dalam meningkatkan konsep diri siswa.


