Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Finger Painting Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan finger painting dalam mengembangkan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara semistruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Dalam menentukan subjek menggunakan purposive sampling, adapun subjek dalam penelitian ini yaitu tiga pengajar. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian layanan bimbingan kelompok dengan media permainan finger painting dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu pembentukan, peralihan,kegiatan dan pengakhiran.Pelaksanaannya dilakukan selama 4x pertemuan dan terlihat bahwa interaksi sosial ABK berkembang dengan baik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan finger painting. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya dua aspek interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Seperti yang terlihat pada peserta didik JNA, JH dan ALA yang menunjukan kemampuan memanggil temannya, mampu bertanya kepada teman maupun pengajar dengan baik, dan mampu mengungkapkan perasaan.


