Pengembangan Instrumen Hambatan Komunikasi Pada Aspek Psikologis Peserta Didik Berbasis Teknologi Informasi Di SMPN10 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang berbeda pendapat ketika menyampaikan pendapat sehingga terjadi kesalahpahaman, belum adanya instrumen khusus untuk mengungkapkan hambatan komunikasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1)Pengembangan instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar psikologis peserta didik kelas berbasis teknologi informasi, 2) Identifikasi hasil instrumen hambatan komunikasi pada aspek psikologis peserta didik berbasis teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil dari penelitian ini adalah 1)Pengembangan instrumen hambatan komunikasi pada aspek psikologis peserta didik kelas berbasis teknologi informasi yang telah divalidasi oleh pakar teoritis dengan skor rata-rata 3,68 termasuk dalam kategori “Diterima”. Pakar praktis dengar skor 3,43 termasuk daalam kategori “Sangat Diterima”. Pakar IT dengan skor 3,55 termasuk dalam kategori “Sangat Diterima”. 2) Identifikasi hasil instrumen hambatan komunikasi pada aspek psikologis peserta didik berbasis teknologi informasi didik di kelas VIII.6 berada pada kategori rendah. Disarankan kepada peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik dalam belajar maupun dalam bersosialisasi.