Pengembangan Instrumen Hambatan Komunikasi Pada Aspek Psikologis Peserta Didik Berbasis Teknologi Informasi Di SMPN10 Padang

  • Nadiya Artamevia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rila Rahma Mulyani Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: Instrumen, Hambatan Komunikasi, Teknologi Informasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang berbeda pendapat ketika menyampaikan pendapat sehingga terjadi kesalahpahaman, belum adanya instrumen khusus untuk mengungkapkan hambatan komunikasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1)Pengembangan instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar psikologis peserta didik kelas berbasis teknologi informasi, 2) Identifikasi hasil instrumen  hambatan komunikasi pada aspek psikologis peserta didik berbasis teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil dari penelitian ini adalah 1)Pengembangan instrumen hambatan komunikasi pada aspek psikologis peserta didik kelas berbasis teknologi informasi yang telah divalidasi oleh pakar teoritis dengan skor rata-rata 3,68 termasuk dalam kategori “Diterima”. Pakar praktis dengar skor 3,43 termasuk daalam kategori “Sangat Diterima”. Pakar IT dengan skor 3,55 termasuk dalam kategori “Sangat Diterima”. 2) Identifikasi hasil instrumen hambatan komunikasi pada aspek psikologis peserta didik berbasis teknologi informasi didik di kelas VIII.6 berada pada kategori  rendah. Disarankan kepada  peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik dalam belajar maupun dalam bersosialisasi.

Published
2023-09-25