Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Dengan Layanan Bimbingan Kelompok (Role Playing) Di SMPN 4 Kota Bima

  • Imriani - - STKIP Bima
  • Muhamadiah - STKIP Bima
  • Sarbudin - STKIP Bima
Keywords: Percaya Diri, Bimbingan Kelompok, Role Playing

Abstract

Masalah penelitian ini adalah percaya diri siswa rendah. Permasalahannya adalah “apakah terdapat peningkatan rasa percaya diri siswa yang rendah dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok (role playing) pada siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bima.” Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa yang rendah dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok (role playing) di SMPN 4 Kota Bima. Kegunaan dalam penelitian ini adalah secara teoritis dan secara praktis. Asumsi yang di ajukan dalam penelitian ini adalah jika layanan bimbingan kelompok (role playing) efektif dan efesien diberikan maka dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMPN 4 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan penelitian kunatitatif, penelitian ini  bersifat preksperimen dengan jenis desain one group pretest-posttest, untuk mengetahui apakah ada peningkatan nilai antara pretest yang belum memberikan perlakuan dan posttest setelah memberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bima terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 89 orang siswa. Sampel penelitian sebanyak 20 orang siswa kelas VII2 yang memiliki percaya diri rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang berupa pretest dan postest. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri dan bimbingan kelompok, untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMPN 4 Kota Bima. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan percaya diri dengan mengunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dengan rata-rata peningkatan sebesar 10.50 terbukti dari hasi lanalisis data percaya diri menggunakan ujiwilcoxon, darihasi pretest dan posttest diperoleh=-3,935 > 0,05 = 1,645.. Dengan demikian, Ho ditolak, artinya terdapat peningkatan percaya diri dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas VII di SMPN 4 Kota Bima.

Published
2021-01-28