Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI SMA BU NU Bumiayu
Abstract
Latar belakang penelitian yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dalam diri siswa, ditandai dengan siswa yang belum optimal dalam melaksanakan pembelajaran diantaranya yaitu sering menunda–nunda tugas sekolah atau pekerjaan rumah, belum tahu cara belajar yang baik dan benar di SMA / MA, hal ini yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa karena ketika siswa memiliki motivasi belajar yang rendah maka siswa akan mengalami kesulitan belajar sehingga dalam proses belajar siswa akan mengalami kesulitan sehingga hasil yang dicapai tidak sesuai dengan harapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex post facto dengan pendekatan korelasional. Sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui Skala Likert pada variabel motivasi belajar dan variabel kesulitan belajar. Hasil analisis korelasi antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar sebesar -0,237 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang negatif antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar


