Penerapan E-Modul Ajar Matematika Berbasis Literasi pada Materi Statistika Siswa SMP

  • Indah Wahyuni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rindi Maulida UIN KHAS JEMBER
  • Sesilya Ainun Warda UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Anis Wijayanti SMPN 2 Jenggawah
Keywords: E-module, Literacy Based, Statistics

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, seorang guru dituntut untuk memiliki media pembelajaran yang kreatif agar mempermudah proses pembelajaran sehingga tercipta pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media e-modul untuk mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan e-modul matematika berbasis literasi pada materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif agar memudahkan pendidik dalam proses pembelajaran statistika . Untuk kelayakan e-modul yang disajikan telah divalidasi oleh dosen ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Jadi, e-modul layak untuk diujicobakan dan diterapkan kepada pendidik sebagai bahan ajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTSS Hidayatun Nasiin yang berjumlah 10 orang yang dilakukan melalui penerapan online dengan menggunakan gmeet. Hasil dari uji coba e-modul didapatkan bahwa e-modul dapat membantu pendidik dalam menerapkan pembelajaran statistika. e-modul juga dapat diterapkan melalui offline maupun online. Hasil penelitian E-modul berpengaruh kepada peserta didik, dalam penerapan secara online diketahui bahwa dari 10  orang, 85% peserta didik dapat memahami e-modul, karena dalam e-modul kata-kata yang digunakan dapat membuat peserta didik lebih aktif, desain yang digunakan menarik sehingga peserta didik tidak mudah bosan menggunakan e-modul.

References

Arista, A., Fuad, M. K., & Muharrom, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Konferensi Ilmiah, 97–104. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/709%0Ahttps://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/download/709/542

Astriani, L., & Akmalia, S. (2022). Pengembangan Modul Bangun Ruang dan Statistika Berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3431–3442. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1568

Barlian, Eri, M. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif (1 (satu)). Sukabina Press.

Callingham, R., & Watson, J. (2023). Statistics education research at the school level in Australia and New Zealand: A 30-year journey. In Mathematics Education Research Journal (Issue 0123456789). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13394-023-00470-0

Firmansyah, M. A. (2017). Sejarah Perkembangan Statistika Dan Aplikasinya. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. Wahana, 64(1), 1–8. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn/article/view/531/390

Hamiedah, D. (2023). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 10 dengan Penguatan Literasi Numerasi pada Peserta Didik SMP. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 73-82.

Herlina, S., & Istikomah, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Statistika Pendidikan I (Deskriptif) Untuk Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Riau. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 13–23. https://doi.org/10.33627/sm.v3i2.282

Jatisunda, M. G., Nahdi, D. S., & Suciawati, V. (2020). Literasi Statistika Mahasiswa Adminitrasi Publik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 134–146. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3488

Maidiyah, E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Arcs Pada Materi Statistika Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Rsbi Banda Aceh. Jurnal Peluang, 1(2), 12–21.

Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). Pengembangan e-modul statistika matematika berbasis STEM. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 129–140.

Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi statistika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1095-1104.

Nur Aini, I., & Eka Lestari, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Penyajian Data Kelas Vii Smp. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 49. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.186

Oktaviani.J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Pada Materi Statistika Siswa Smp. Sereal Untuk, 51(1), 51.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sa’idah, N., & Yulistianti, H. D. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 198–203. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/16776

Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, Volume 13, 256–267.

Setiawan, W., Hatip, A., Muhajir, M., Ghozali, A., & Fathimatuzzahro, I. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri dan Pengukuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 187–202. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.949

Sunaryo, S., Setiawan, Djuraidah, A., & Saefuddin, A. (2003). Sejarah Perkembangan Statistika Dan Aplikasinya. Forum Statistika Dan Komputasi, 8(1), 1–7. https://journal.ipb.ac.id/index.php/statistika/article/view/5506

Sutikno, M. S., & Ratnaningsih, D. J. (2016). Pengertian Statistika dan Klasifikasinya. Perpustakaan Digital Universitas Terbuka, 1–36. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/SATS412102-M1.pdf

Published
2024-01-03
How to Cite
Wahyuni, I., Maulida, R., Warda, S., & Wijayanti, A. (2024). Penerapan E-Modul Ajar Matematika Berbasis Literasi pada Materi Statistika Siswa SMP. Supermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 151-164. https://doi.org/10.33627/sm.v7i2.1169