EKSPLORASI PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SMP BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH LINGKARAN

  • Murtalib murtalib Stkip bima
Keywords: Pemahaman Relasional, Pemecahan Masalah Lingkaran, Kemampuan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman relasional siswa SMP yang berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Belo dengan subjek penelitian adalah kelas VIII. Subjek penelitian terdiri dari satu orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Tahap penelitian dimulai dari pemilihan subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan tes kemampuan matematika, kemudian wawancara berbasis tugas melalui tes pemecahan masalah lingkaran. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi waktu. Data pada penelitian ini difokuskan pada hasil wawancara berbasis tugas. Prosedur analisis data meliputi : kategorisasi data, reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman relasional siswa SMP berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah lingkaran pada setiap tahap pemecahan masalah memenuhi semua indikator komponen pemahaman relasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-29