Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan
Abstract
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem percernaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang dipilih tidak secara acak melainkan dengan tujuan tertentu yaitu dengan Teknik Purposive sampling yang berjumlah 18 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal berupa soal tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif berjumlah 11 soal yang sudah dinyatakan valid oleh dosen ahli. Soal tersebut mewakilkan indikator pembelajaran pada materi sistem pencernaan, serta mewakilkan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, kepekaan masalah, orisinalitas, dan elaborasi berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI tahun ajaran 2022/2023. Data hasil penelitian menunjukan hasil analisis profil kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan termasuk kedalam kategori baik. Jika dilihat dari gender, perempuan memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Indikator yang paling dominan adalah indikator fluency. Pada soal fluency, peserta didik mampu memberikan beragam jawaban dan disertai alasan yang jelas. Sedangkan indikator yang paling rendah adalah originality. Peserta didik belum mampu memberikan jawaban yang berbeda atau belum pernah ada karena kebanyakan peserta didik hanya memberikan jawaban berdasarkan buku siswa atau buku pelajaran lainnya.
Downloads
References
Abraham, A. (2015). Gender and creativity: an overview of psychological and neuroscientific literature. https://doi.org/10.1007/s11682-015-9410-8
Agustina, T. W., Rustaman, N. Y., Riandi, & Purwianingsih, W. (2015). Membekalkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis STREAM Menggunakan Konten Bioteknologi Tradisional. Program Studi Pendidikan Biologi, 9(1), 45.
Hafiza, H., Hairida, H., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Ulfah, M. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 9 Pontianak Pada Materi Sistem Koloid. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4036– 047. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2685.
Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika 8(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806 (2018). Pengembangan Bakat https://doi.org/ 10.32550/teknodik.v10i19.399
Hidayanti, Winda Ismi. Rochintaniawati, Diana. Agustin, Rika Rafikah. (2018). The Effect of Brainstorming on Students’ Creative Thinking Skill in Learning Nutrition. Journal of Science Learning
Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.22
Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., Luh, N., & Manik, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. 4(3)
Mahanani, N. L., Rinanto, Y., & Probosari, R. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Flexibility dan Elaboration Siswa Kelas XII MIPA I melalui Problem Based Learning di SMAN X Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 187–192. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sn ps/article/view/11412.
Marlina, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mts Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).
Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open-Ended Problem. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 4, 26–36.
Munandar, S. C. U. (2013). Creativity and education: A study of the relationships between measures of creative thinking and a number of educational variables in Indonesian primary and junior secondary schools (Doctoral dissertation, Universitas Indonesia).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Ruzniar, R., Sugiatno, & Bistari. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Geometric Dissections Materi Segi Empat Di Ssekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–14. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24235
Sandika, B., Fitrihidajati, H., Training, T., Java, E., Sciences, N., Surabaya, U. N., & Java, E. (2018). Improving Creative Thinking Skills and Scientific Attitude Through Inquiry- Based Learning in Basic Biology Lecture. 4(1), 23–28.
Septari, L. P. M. (2020). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 70–78. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3301
Siburian, J., Coreima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The Correlation Between Critical and Creative Thinking Skills on Cognitive Learning Results. Eurasian Journal of Educational, 81, 99– 114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6
Siswono, T. Y. E. (2016). Proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).
Sugiyanto, F. N., Masykuri, M., & Muzzazinah, M. (2018). Analysis of senior high school students’ creative thinking skills profile in Klaten regency. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012038
Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALFABETA.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI, 1938-1942.
Ulger, K. (2018). The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical Thinking Disposition of Students in. Visual Arts Education The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 12(1),3–6.
Zubaidah, Siti, Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through Differentiated Science Inquiry integrated with mind map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a.
Copyright (c) 2023 Fachri Muhammad Fajri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
							 
							












