Komunikasi Sains Peserta Didik Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry Berbantuan Argument Mapping Pada Konsep Pencemaran Lingkungan

  • Siti Nur Azizah Wahyudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aa Juhanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Model argument driven inquiry, Komunikasi sains, Argument mapping, Pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi dari pengaruh model Argument Driven Inquiry berbantuan Argument Mapping terhadap komunikasi sains peserta didik dalam konsep materi pencemaran lingkungan, dengan urgensinya karena besarnya tuntutan di abad 21 untuk memiliki keterampilan yang mumpuni yaitu kemampuan berkomunikasi (Communication), berkolaborasi (Collaboration),  berpikir kritis (Critical Thingking) dan kreatif (Creativity) yang perlu dibekalkan kepada peserta didik untuk menghadapi era global. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda (YASPIN) Tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian di VII B. sejumlah 21 orang dengan metode penelitian pra-eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal uraian sebanyak 7 soal dan lembar skala sikap. Data penelitian diuji secara parametric menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan terakhir hipotesis penelitian menggunakan normalitas dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan komunikasi sains nilai rata-rata tertinggi yaitu kadar pengetahuan (content knowledge) dan nilai terkecil yaitu kategori kognitif (cognitive categories).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, R. A., Wulandari, R., Hermita, N., Alim, J. A., & Sari, I. K. (2020). Analysis of Scientific Communication Skills by Using Big Books in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1).

Andriani, R. (2015). Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Pembealajran IPA Terpadu di SMP Kelas VII. Edusains, 7(2), 114–120.

Demircioglu, T., & Ucar, S. (2015). Investigating the effect of argument-driven inquiry in laboratory instruction. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 15(1), 267–283. https://doi.org/10.12738/estp.2015.1.2324.

Hayati, E. D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 10–21.

Kulgemeyer, C., & Schecker, H. (2013). Students Explaining Science-Assessment of Science Communication Competence. Research in Science Education, 43(6), 2235–2256. https://doi.org/10.1007/s11165-013-9354-1

Lafiani Phita Yola, Irawan Bony, & Oprasmani Elfa. (2022). Kemampuan komunikasi sains siswa dalam mendiskusikan hasil kegiatan suatu masalah atau peristiwa pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Student Online Journal, 3(1), 547–552. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/1606

Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1. Junal Pendidikan Dan Biologi, 9(2), 39–45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747.Abstrak

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Nufus, H., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berfikir Pendidikan Fisika , Universitas Lampung Pendidikan Biologi , Universitas Lampung email : hayatun.nufus2030@gmail.com Influence Of Implementation Argument-Driven Inquiry Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 110–117.

Pertiwi, K., & Windyariani, S. (2022). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Penerapan Model Inquiry Lesson Terhadap Habits Of Mind Peserta Didik Kelas X MIPA Pada Materi Ekosistem (Application of the Inquiry Lesson Model to the Habits of Mind of Class X Mathematics and Natural Sciences Students on Ecosystem Materials). 08, 153–160. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Putri, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. 7(3). http://repository.radenintan.ac.id/8595/1/SKRIPSI_FULL.pdf

Rizkia, R. F., Aripin, I., Biologi-fkip, P. S. P., & Majalengka, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry ( ADI ) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA. 225–232.

Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.

Safira, C. A., Hasnunidah, N., & Sikumbang, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda (The Effects of Argument-Driven Inquiry (ADI) Learning Model on Students’ Argumentation Skills with Various Academic Levels). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 46–51. http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi

Sarwanto. (2016). Peran Komunikasi Ilmiah Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016, 35–40.

Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis argument mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 31–40.

Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BioEdUIN, 9(9), 28–43.

Sulistina, O., Habiddin, Herunata, Retno Widarti, H., & Sigit, D. (2018). Inovasi Pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) Berbasis Blended Learning Pada Perkuliahan Praktikum Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya (SNKP) 2018, November, 69–77.

Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (the Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 4(1), 89. https://doi.org/10.20527/jbsp.v4i1.3792.

Yoshida, T., Milgrom, P., & Coldwell, S. (2002). How Do U.S. and Canadian Dental Schools Teach Interpersonal Communication Skills? Journal of Dental Education, 66(11), 1281–1288. https://doi.org/10.1002/j.0022-0337.2002.66.11.tb03602.x

Zulfa, A. R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think Talk Write Pada Tema Sistem Organ Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains di SMP N 2 Ponorogo. April, 111.

Published
2023-11-04