Miskonsepsi Siswa Dengan Two-Tier Test Berbantuan CRI Melalui Model Conceptual Change Pada Materi Sistem Pernapasan

  • Annisa Anur Majid Univeritas Muhammadiyah Sukabumi
  • Jujun Ratnasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Univeritas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Certainty of Response Indeks, Miskonsepsi, Sistem pernapasan, Two-teir test

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik tentang materi sistem pernapasan pada SMA serta untuk mengidentifikasi ada tidaknya miskonsepsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cisaat. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cisaat dan untuk sampelnya XI MIPA 6, dengan menggunakan two-teir test berbantuan CRI (Certainty of Respon Index. Purposive sampling adalah teknik penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. 31 siswa kelas XI MIPA 6 menjadi subjek penelitian. Sesuai dengan penelitian, pemahaman konseptual siswa terhadap sistem pernapasan dinilai sebagai berikut: Pemahaman Konsep (PK) 49%, Pemahaman Konsep Kurang Percaya Diri (PKKY) 12%, Miskonsepsi (M) 35%, dan Tidak Mengetahui Konsep (TTK) 27%. Persentase kesalahpahaman tertinggi diperoleh pada level 1 sebesar 42% pada indikator mendiagnosa gejala penyakit pernapasan dan pada level 2 sebesar 34% pada indikator menganalisis pengaruh polusi udara pernapasan sistem organ pernapasan dan dengan indikator terendah struktur dan fungsi jaringan yang jelas pada sistem pernapsan manusia 12%. Berdasarkan data tersebut, miskonsepsi yang dimiliki siswa pada materi sistem pernapasan pada kategori sedang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonemarera, A. S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Materi Genetika Menggunakan Certainty of Response Indeks (Cri). Jurnal Biotek, 8(2), 109.https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16320

Anggrayni, S., & Ermawati, F. U. (2019). The validity of Four-Tier’s misconception diagnostic test for Work and Energy concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012037

Anjarsari, P. (2018). The Common Science Misconceptions in Indonesia Junior High School Students. Journal of Science Education Research, 2(1), 21–24. https://doi.org/10.21831/jser.v2i1.19329

Çepni, S., Ülger, B. B., & Ormanci, Ü. (2017). Pre-service science teachers’ views towards the process of associating science concepts with everyday life. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 1– 15. https://doi.org/10.12973/tused.10208

Chyleńska, Z. A., & Rybska, E. (2019). What can we do for amphibians and reptiles at schools? Between personal conceptions, conceptual change and students’ pro-environmental attitudes. Animals, 9(8).https://doi.org/10.3390/ani9080478

Grospietsch, F., & Mayer, J. (2018). Professionalizing pre-service biology teachers’ misconceptions about learning and the brain through conceptual change. Education Sciences, 8(3), 1–23. https://doi.org/10.3390/educsci8030120

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Hakim, A., Liliasari, & Kadarohman, A. (2012). Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences, 4(3), 544–553.

Hermita, N., Suhandi, A., Syaodih, E., Samsudin, A., Isjoni, Johan, H., Rosa, F., Setyaningsih, R., Sapriadil, & Safitri, D. (2017). Constructing and Implementing a Four Tier Test about Static Electricity to Diagnose Pre-service Elementary School Teacher’ Misconceptions. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/01216

Ikram, R. L., Setiawani, S., Pambudi, D. S., & Murtikusuma, R. P. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Kadikma, 9(3), 204–215

Ismi Ghina Suryawirawati, Billyardi Ramdhan & Aa Juhanda. (2018, 8 4). Analisis Penurunan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Pemanasan Global Dengan Tes Diagnostik (Two-Teir Test) Setelah Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Journal Of Biology Education, 1, 93-105.

Jahidin, J., & Rabani, L. (2018). Miskonsepsi ekologi: Sebuah analisis hasil tes kompetisi sains Madrasah Aliyah. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 8. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7287.

Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270

Maesyarah, M., Jufri, A. W., & Kusmiyati, K. (2015). Analisis Penguasaan Konsep Dan Miskonsepsi Biologi Dengan Teknik Modifikasi Certainty of Response Index Pada Siswa Smp Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar Mipa, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.8

Nasrudin, M. W. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme Melalui Media Sosial. Teladan, 119 - 120.

Nida Anisa, Aa Juhanda, J. R. (2020). Jurnal Pelita Pendidikan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178

Nikmah, K., & Suyono. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Conceptual Change Untuk Meremediasi Miskonsepsi Pada Konsep Asam-Basa Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Waru Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 4(3), 541–550.

Patil, S. J., Chavan, R. L., & Khandagale, V. S. (2019). Identification of Misconceptions in Science: Tools, Techniques & Skills for Teachers. Aarhat Multidisciplinary International Education Research Journal (AMIERJ), 8(2), 466–472.

Pebrianti, D. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X Sman 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 150. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.296

Qurrota, A., & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple ChoiceBerbantuan Cri (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108–2117

Ramadhani, R., & Hasanuddin, A. M. . (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Ipa Sma Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1), 1–9

Sari, M. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal pf Chemical Education, 315-24.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta CV.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal UPI, 24(3), 4–9.

Waluyo, E. M., Muchyidin, A., & Kusmanto, H. (2019). Analysis of Students Misconception in Completing Mathematical Questions Using Certainty of Response Index (CRI). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.2988.

Published
2023-11-28