Validitas Buku Saku Famili Myrtaceae di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3D Pageflip

  • Muhammad Wahyu Maulana Supit Universitas Lambung Mangkurat
  • Dharmono Dharmono Universitas Lambung Mangkurat
  • Maulana Khalid Riefani Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: myrtaceae, validitas, buku saku, mangrove, 3D Pageflip

Abstract

Myrtaceae atau jambu-jambuan merupakan tumbuhan pohon atau perdu yang sering ditemui di berbagai kawasan yang ada Indonesia. Pengembangan buku saku dengan potensi lokal dianggap mampu menjadi penunjang sumber belajar yang berbasis potensi lokal. Perkembangan 3D Pageflip banyak dipakai sektor pendidikan dan menghasilkan sumber pembelajaran menarik minat dan motivasi bagi pengguna. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan validitas buku saku Famili Myrtaceae di Kawasan Desa Sungai Bakau Kab. Tanah Laut; Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Biologi FKIP ULM Banjarmasin. Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara sistematis menggunakan teknik sampling dan dilanjutkan dengan pengembangan bahan ajar melalui evaluasi formatif uji Tessmer. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi di Pendidikan Biologi FKIP ULM Banjarmasin. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap uji pakar (expert review). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa validitas Buku Saku Famili Myrtaceae berbasis 3D Pageflip yang dikembangkan diperoleh total skor rata-rata 94,42% (sangat valid)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013), Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad Dua Puluh Satu. Jakarta: BNSP.
Fitri, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mnggunakan 3D Pageflip Professional Konsep Pertumbuhan & Perkembangan. Skripsi: Universitas Jambi.
Hardiansyah, et al. (2018). Keragaman Jenis Vegetasi Di Kawasan Rawa Tanpa Pohon Desa Bati-Bati Kab. Tanah Laut Sebaga Bahan Pengayaan Materi Mata Kuliah Ekologi Lahan Basah. Wahana Bio, 19(1) 170-175.
Ilma, S., et.al. (2017). Developing of Enviromental Education Textbook Based on Local Potencies. Jurnal Pendidikn Biologi Indonesia. 3(3):194-201
Irfan, M. K., dkk. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis 3D Pageflip pada konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Edu-Sains, 8(1) 9-16.
Juniati, E., et al. (2015). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping & Multiple Intelligences Materi Jamur Di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 4(1) 37-44.
Kahar, A. P., et al. (2018). Penerapan Bahan Ajar Ekosistem Mangrove Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 1-8.
Lutfiasari, N., & Dharmono. (2018). Keanekaragaman Spesies Tumbuhan Famili Myrtaceae Di Hutan Pantai Tabanio, Kec. Takisung, Kabupaten Tanah Laut. SEMNAS Lingkungan Lahan Basah, 3(1) 186-190.
Marbawa, I. (2014). Analisis Vegetasi Mangrove Strategi Pengelolaan Ekosistem Berkelanjutan Di Taman Nasiional Bali Barat. ECOTROPHIC, 8(1) 24-38.
Purwati, D, et al. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif untuk mengoptimalkan budaya menulis mahasiswa pada Prodi PGSD. JIME. 3(1):166-174.
Ramadhan, F., et al. (2020). Practicality Pocketbook “Keanekaragaman Lepidoptera Di Hutan Mangrof”. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 71-75.
Ribonson, K. (2017). Our of Our Mind: Learning To Be Creatiive. Uniited kingdom: Jon wiley dan sons. Ltd
Riefani, M. K., (2019). Validitas & Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” Di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya, 34(2) 193-204.
Riefani, M. K.& Arsyad, M. (2019). Spesies Burung di Kawasan Ekowisata Mangrof Pagatan Besar, Kab. Tanah Laut, Indonesia. SEMNAS Lingkungan Lahan Basah, 4(1) 192-196.
Rimbun, W., et al. (2019). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Ekosistem Mangrf Pondok Bali untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. EDUSAINS, 11(1), 105-111.
Rusydi, et al. (2015). Struktur & Kepadatan Vegetasi Mangrof Di Teluk Kupang. Jurnal Segara, 11(1) 47-56.
Setyono, Y. A., et al. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Skripsi: UNS.
Sulistyani, N., Jamzuri, & Rahardjo, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika.
Tessmer, M. (1998). Planning & Conduction Formative Evaluations, Improving the Quality of EducatiIon and Training. London: Kogan Page.
Tjitrosoepomo, G. (2010). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: UGM Press.
Published
2021-11-27